Rancang Bangun Sistem Informasi Survei Kepuasan Pelanggan Berbasis Web menggunakan Metode Prototype (Studi Kasus Pada Toko Audi Elektronik Semarang)

  • Dinda Resti Octaviana
  • Dewi Purnamasari Universitas Ivet
  • Kurniawati Kurniawati

Abstract

Toko Audi Elektronik Semarang merupakan toko ritel yang bergerak di bidang penjualan barang elektronik belum memiliki sistem untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan, baik melalui kotak saran maupun survei kepuasan pelanggan sehingga menyulitkan mengevaluasi kualitas layanan dan produk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi survei kepuasan pelanggan berbasis web bertujuan untuk mempermudah proses pengumpulan, penyimpanan, dan analisis data kepuasan pelanggan secara lebih sistematis dan terstruktur. Metode yang digunakan adalah metode prototype berdasarkan masukan pengguna. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black box testing difokuskan pada aspek fungsionalitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fungsi utama pada sistem, seperti pengisian survei, penyimpanan data, dan penampilan hasil survei, berjalan sesuai dengan skenario yang telah dirancang. Dengan demikian, sistem ini dinilai telah memenuhi aspek fungsional yang dibutuhkan dan siap digunakan sebagai sarana untuk mendukung evaluasi layanan dan pengambilan keputusan berdasarkan umpan balik pelanggan.

References

Adriansa, M., Yulianti, L., Elfianty, L., Dehasen Bengkulu, U., & Meranti Raya, J. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma C4.5.
Akbar, H., Alfarisi, M., Maulidiansyah, R. F., Sari, D. M., & Arysad, A. W. (2024). Manfaat Survei Kepuasan PelangganBagi Masyarakat Untuk Menunjang Keberlanjutan Bisnis Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda. 5(3), 3146–3156.
Alfath, M. F., Fanani, L., Putra Kharisma, A. (2024). Pengembangan Aplikasi Berlatih Membaca Cepat Berbahasa Inggris Berbasis Progressive Web App Dengan Metode Prototyping The Development Of A Progressive Web App To Train Speed Reading In English Using The Prototyping Method.11(5),1001-1008. https://doi.org/10.25126/jtiik.2024117982
Akbar ,H., Alfarisi, M., Maulidiansyah, R. F., Sari, D. M., & Arysad, A. W. (2024). Manfaat Survei Kepuasan PelangganBagi MasyarakatUntuk Menunjang Keberlanjutan Bisnis Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda. 5(3), 3146–3156
Ardyan, D., Putra, S., Widodo, D. W., & Shofia, N. (2021). Sistem Informasi Survei Indeks Kepuasan Masyarakat pada Puskesmas Berbek. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 015–022.
Aswan Risaldy,H., Septian Hardinata, R. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Menu makanan Berbasis Web (Studi Kasus: Rumah Makan Sipirok). Juli, 539–548. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
Cristian,A., Lastri, M., Mailasari, E., & Nistrayani, N. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Lesehan A3 Di Kelurahan Sukaraja. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2311–2318. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13249
Darmawan, G. A., Purnamasari, D., & Kurniawati, K. (2023). SISTEM INFORMASI PENGAJUAN CUTI ONLINE BERBASIS WEB PADA PT. WIKA REKAYASA KONSTRUKSI DI BATULICIN KALIMANTAN SELATAN. 1st Education Sains Technology Engineering Mathematic Seminar (EDUSTEMS), 1(1), 389–401.
Damayanti, S. U., Purnamasari, D., Jumrianto, & Aini, N. Q. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Website untuk Monitoring RAB di Unit Pelaksana Transmisi PT. PLN Salatiga dengan Blackbox Testing. Jurnal Informatika Polinema, 10(2), 189–196. https://doi.org/10.33795/jip.v10i2.4910
Farhans, M. I., Annas Susanto, F., Sulistiyani, E., Nadhlatul, U., & Surabaya, U. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Layanan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Sukodadi Lamongan Berbasis Website.
Firmansyah, Y., Maulana, R., & Maulana, M. S. (2021). Implementasi Metode SDLC Prototype Pada Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Berbasis Website Studi Kasus Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 315. https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.46964
Hernawati, A. Y. (2020). Sistem Informasi Survei Kepuasan Pelanggan Berbasis Web Pada PT. Usaha Saudara Mandiri Tangerang. Jurnal Inovasi Dan Sains Teknik Elektro, 1, 108–115.
Komang Suarsana, I. G. J. E. P. A. A. I. I. P. (2023). Rancang Bangun Sistem Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Berbasis Web Di Pemerintah Kabupaten Badung. JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains), 5, 618–625.
Kusumanigrum, F., & Dwi, A. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kepuasan Pelanggan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mojokerto dengan Menggunakan Metode Pengembangan Sistem Spiral. JEISBI, 03, 45–49.
Lulu Erga Anjaswari, H. N. I. (2021). Sistem Informasi Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kecamatan Metro Pusat Berbasis Web. JURNAL INFORMATIK , 132–141.
Yassa Descania, D. (2023). Penerapan Metode Prototype Pada Pengembangan Sistem Antrian Online Di Kementrian Atr/Bpn Kab. Sukabumi. INDEXIA?: Informatic and Computational Intelligent Journal, 5(1), 1–18.
Milli Fajar Fitra, S. (2023). Rancang Bangun E-Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Desa. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 1, 80–87. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index
Nur, S., Waita, R., & Asa, B. J. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Fudima Dengan Menggunakan Metode Prototype Di Desa Fudima. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 804–815. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.862
Safrizal, A., Purnamasari, D., & Prasetyani, H. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ARSIP ONLINE BERBASIS WEBSITE PADA PT WIJAYA KARYA REKAYASA KONSTRUKSI, Education Sains Technology Engineering Mathematic Seminar (EDUSTEMS) Unisvet, 1(1),26-38.
Sartika Lina Mulani Sitio. (2024). Implementasi Aplikasi Kuesioner Kepuasan Pelanggan Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan. Journal Of Global and Multidiscilpinary, 2(6), 2003–2013.
Shan Abitama Prabowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Kualitas Informasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Cv. Lautan Mas Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 10(5), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Wirayuda, A. R., & Ernawati, I. (2022). Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Desa Karang Tengah Kabupaten Tanggerang Berbasis Web. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(2a), 185–194. https://doi.org/10.47927/jikb.v13i2a.411
Zul Rachmat, W. S. Y. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Registrasi Pengesahan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Berbasis Website. JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI, 11, 159–170
Published
2025-06-28
How to Cite
OCTAVIANA, Dinda Resti; PURNAMASARI, Dewi; KURNIAWATI, Kurniawati. Rancang Bangun Sistem Informasi Survei Kepuasan Pelanggan Berbasis Web menggunakan Metode Prototype (Studi Kasus Pada Toko Audi Elektronik Semarang). Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 103-117, june 2025. ISSN 2620-8415. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/3895>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v8i1.3895.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.