Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Keterampilan Membaca Narasi di Kelas V SDN Dadibou

  • Mina Mawarti STKIP Taman Siswa Bima
  • Ady Irawan STKIP Taman Siswa Bima
  • Edy Suparjan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva guna meningkatkan keterampilan membaca narasi pada siswa kelas V SDN Dadibou. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan literasi membaca siswa dan minimnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi serta diujicobakan kepada siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid, dengan persentase 90% dan 96,67% dari dua validator media, serta 73,33% dari validator materi. Respon siswa menunjukkan tingkat ketertarikan yang tinggi, dengan 98,95% siswa menyatakan sangat setuju terhadap efektivitas dan kemenarikan media. Selain itu, hasil tes menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,84 (kategori tinggi). Dengan demikian, media Canva terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca narasi siswa sekolah dasar dan dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran berbasis teknologi.

Published
2025-06-28
How to Cite
MAWARTI, Mina; IRAWAN, Ady; SUPARJAN, Edy. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Keterampilan Membaca Narasi di Kelas V SDN Dadibou. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 89-102, june 2025. ISSN 2620-8415. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/3884>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v8i1.3884.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.