Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Keterampilan Membaca Narasi di Kelas V SDN Dadibou
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva guna meningkatkan keterampilan membaca narasi pada siswa kelas V SDN Dadibou. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan literasi membaca siswa dan minimnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi serta diujicobakan kepada siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid, dengan persentase 90% dan 96,67% dari dua validator media, serta 73,33% dari validator materi. Respon siswa menunjukkan tingkat ketertarikan yang tinggi, dengan 98,95% siswa menyatakan sangat setuju terhadap efektivitas dan kemenarikan media. Selain itu, hasil tes menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,84 (kategori tinggi). Dengan demikian, media Canva terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca narasi siswa sekolah dasar dan dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran berbasis teknologi.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.