Perancangan Media Edukasi Digital Android Modul (Anmod) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VI Di MTI Canduang

  • Alfaruq Ersat Wibowo UIN Sjech M.Djamil Djambek
  • Riri Okra Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Sarwo Derta Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hari Antoni Musril Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi http://orcid.org/0000-0002-0868-9530

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan disaat peneliti melakukan obeservasi dan wawancara kepada siswa dan guru kelas VI di MTI Canduang khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris, dimana guru pada saat menerangkan materi pelajaran masih menggunakan metode ceramah dan penyampaian materi dilakukan dengan menulis di papan tulis. Dengan adanya media edukasi dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Perancangan Media Edukasi Digital Android Modul (Anmod) ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam mengembangkan media edukasi menggunakan aplikasi Adobe Animate dan Adobe AIR serta dapat meningkatkan keinginan belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini mengacu pada permasalahan yang ditemukan bahwasannya terbatasnya media yang digunakan sebelumnya pada kelas VI di MTI Canduang pada bidang studi Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D. Penelitian ini menggunkaan model pengembangan 4D yaitu, Define, Design, Develop, Disseminate. Pengujian hasil penelitian validitas menggunakan rumus Statistik Aikens V, praktikalitas dengan rumus Moment Kappa dan efektifitas dengan rumus R.Hake (G-Score). Hasil penelitian yaitu pengujian validitas didapat angka 0,8 (valid), praktikalitas produk didapat angka 0,91 (sangat tinggi) dan efektifitas didapati angka 0,98 maka perancangan media edukasi digital android modul (anmod) pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VI di MTI Canduang sangat efektif.

References

Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783
Efriyanti, L., & Annas, F. (2020). Aplikasi Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Abad 21 bagi Pendidik dan Peserta Didik di era Revolusi Industri 4.0. Journal Educative?: Journal of Educational Studies, 5(1), 29. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3132
Febri Wardiyanto, M., & Yundra, E. (2018). Pengembangan Trainer Kit Mikrokontroller Arduino Uno Berbasis Iot Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram Di Smk Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1), 139–148.
Harahap, A. M., Musril, H. A., Supriadi, S., & Okra, R. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Menggunakan Mit App Inventor di SMKS Kesehatan Paluta Husada. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 139–151. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.158
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19 (the Advantages of Using Digital Learning Media in Increasing Learning Motivation of Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5.
Maudi, M. F., Nugraha, A. L., & Sasmito, B. (2014). DESAIN APLIKASI SISTEM INFORMASI PELANGGAN PDAM BERBASIS WebGIS (STUDI KASUS?: KOTA DEMAK). Jurnal Geodesi Undip, 3(3), 98–110.
Meidyanti, W. E., Kantun, S., Tiara, & Sutrisno, B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Materi Pokok Jurnal Khusus Untuk Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12(1), 123–129. Diambil dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/20273
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Yulia Novera. Journal of Educational Studies, 4(2), 121.
Putra, Y. P., & Musril, H. A. (2022). Perancangan Aplikasi E-Modul Pembelajaran Informatika Di Mts Negeri 6 Agam. Jurnal Edukasi Elektro, 6(1), 18–23. https://doi.org/10.21831/jee.v6i1.42342
Putri, E. L., Derta, S., Musril, H. A., & Okra, R. (2023). Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VII Berbentuk Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 di SMPN 7 Bukittinggi. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS?: Journal of Information Management, 7(2), 194. https://doi.org/10.51211/imbi.v7i2.2218
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409
Rahmi, E., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka Dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Visipena, 12(1), 44–66. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1476
Risma, D., Solfiah, Y., & Satria, D. (2019). Pengembangan Media Edukasi Perlindungan Anak Untuk Mengurangi Kekerasan Pada Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.322
Rizki, S., & Linuhung, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual Dan Ict. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 137. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.674
Rumondang, R., Batubara, J. P., & Simbolon, K. F. (2016). PENGEMBANGAN E-MODULE MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE CC PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP. 15(1), 165–175. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Safira, R., Musril, H. A., & Efriyanti, L. (2021). Pengembangan Tes Elektronik Animasi Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Di Sman 2 Mandau Kabupaten Bengkalis. 4, 82–94.
Salfina, R., Musril, H. A., Okra, R., & Derta, S. (2022). Perancangan Game Edukasi Untuk Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas X Menggunakan Aplikasi Educandy Di SMKN 4 Payakumbuh. Iain Bukittinggi, 1(1), 1–7. Diambil dari http://journal.mwsfoundation.or.id/index.php/jised/article/view/1
Sari, W. P., & Okra, R. (2020). Perancangan Aplikasi Mobile Penyetoran Ayat Untuk Mahasiswa Komprehensif di IAIN Bukittinggi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika, 5(2), 157–167. https://doi.org/10.35316/jimi.v5i2.957
Wiyanto, A., & Khabibah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Game Aplikasi Construct 2 Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2074
Published
2024-01-01
How to Cite
WIBOWO, Alfaruq Ersat et al. Perancangan Media Edukasi Digital Android Modul (Anmod) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VI Di MTI Canduang. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 159-171, jan. 2024. ISSN 2620-8415. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/2978>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v6i2.2978.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.