Penerapan Blended Learning Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Dalam Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa SMK YATPI Godong
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan blended learning menggunakan google classroom pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Yatpi Godong. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Yatpi Godong. Sumber data penelitian terdiri atas data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menentukan kesimpulan akhir dari penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan blended learning menggunakan google classroom pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMK Yatpi Godong sudah berlangsung cukup baik; (2) kendala yang dialami oleh guru dan siswa ketika melaksanakan pembelajaran jarak jauh menggunakan google classroom, dapat teratasi dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka; (3) penerapan blended learning menggunakan google classroom pada mata pelajaran simulai dan komunikasi digital di SMK Yatpi Godong secara keseluruhan bisa dibilang lebih dari cukup dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: blended learning, google classroom, simulasi dan komunikasi digital, hasil belajar
References
Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka.
Nirfayanti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. Volume 2, Nomor 1, Februari 2019, 50–59.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra.
Subiyantoro, E. dkk. (2013). Buku Siswa SMK/ MAK Kelas X Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik & Tenaga Kependidikan.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.