Pengaruh Persepsi Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PKDK Di SMK Palapa Semarang
Abstract
Persepsi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran termasuk kedalam salah satu faktor yag mempegaruhi prestasi belajar. Perbedaan pendapat siswa yang beranggapan bahwasannya mata pelajaran PKDK merupakan pelajaran selingan dan tidak menjadi prioritas pembelajaran karena siswa lebih mementingkan pelajaran yang berkaitan mengenai jurusannya. Selain itu kurangnya kesadaran dan pengetahuan siswa mengenai pentingnya mata pelajaran PKDK yang dapat memberikan bekal keterampilan yang nyata untuk dikedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PKDK, mengetahui prestasi belajar mata pelajaran PKDK, dan mengetahui pengaruh persepsi siswa dalam pelaksanaan pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII RPL 1 & RPL 2 tahun pelajaran 2022/2023 SMK Palapa Semarang dengan jumlah siswa sebanyak 52 yang telah menempuh mata pelajaran PKDK. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat 71,2% siswa yang memiliki persepsi dalam pelaksanaan pembelajaran kategori sangat baik dan 28,8% siswa yang memiliki persepsi dalam pelaksanaan pembelajaran kategori baik. Rata-rata jumlah frekuensi skor sebesar 682 dan hasil tingkat capaian responden (TCR) didapat nilai rata-rata sebesar 89,0% pada kategori sangat baik. (2) Prestasi belajar seluruh siswa masuk dalam kategori tuntas dengan memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. (3) Terdapat pengaruh persepsi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran (X) terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKDK Di SMK Palapa Semarang (Y) dengan persamaan regresi Y = 64,670 + 0,157X, ????????????????????????? sebesar 4,154 .
Â
Downloads
References
Abdul Wahid., Siska Indriani., Siti Ubaidah. 2020. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran
Matematikan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Tangkit. Skripsi. Jambi : UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
C.George Boeree. 2017. General Psychology : Psikologi Kepribadian, Persepsi, Kognisi, Emosi, dan
Perilaku.Yogyakarta : Prismasophie.
Dede Yayat. 2019. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Keterampilan Usaha Terhadap Motivasi
Berwirausaha. Skripsi. Bandung : Universitas Komputer Indonesia.
Fitrianingsih Dwi P. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Pelaksanaan Pembelajaran Dan Tingkat
Intelegensi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VII Regular SMP Negeri 1 Salaman Magelang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Muhammad Saaiq. 2016. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Dan
Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Ricard E. Mayer. (2004). Pembelajaran Dan Instrukti. New York : Cambridge University
Press. https://chat.openai.com/chat/4779eee1-075e-4d80-9d84-7582426e73d8. (diunduh 15 April 2023).
Sarlito. Sarwoto. W. 2012. Psikologi Persepsi & Desain Informasi. Yogyakarta : Media Akademi. Slameto.
2003. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli & Secara Umum [lengakap].
https://www.zonareferensi.com/pengertian-belajar/ (diunduh 10 April 2023).
Sudarsono. 2016. Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli.
https://maglearning.id/2021/11/06/pengertian-persepsi-menurut-para-ahli/?amp. (diunduh 10 April 2023).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.