Efektifitas Pembelajaran Luring Sistem Shift Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada Masa Pandemi Covid-19

  • Ananda Rizky Nugroho Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Lili Marliyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Sri Setyaningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas pembelajaran Luring Sistem Shift pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitiatif deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK N 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan. Sumber data diperoleh dari dokumen hasil wawancara, catatan lapangan, dan hasil observasi. Keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran luring sistem shift berjalan efektif. Hal ini dibuktikan dengan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran baik siswa maupun guru sangat antusias karena dalam pembelajaran guru bisa memberikan materi pelajaran tidak tergantung dengan signal internet yang ada, serta guru dapat membimbing siswa yang masih memerlukan pendampingan sehingga guru bisa mengetahui progress keberhasilan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan dan pada akhirnya hasil belajar siswa meningkat. Kendala yang dihadapi, yaitu : a) terputusnya waktu saat guru memberikan materi pembelajaran, b) ada beberapa siswa yang kurang fokus saat pembelajaran berlangsung dikarenakan mereka juga mengerjakan tugas dari guru yang pembelajarannya melalui daring. Upaya yang dilakukan agar pembelajaran luring sistem shift dapat berjalan efektif yaitu dengan cara pada saat pembelajaran luring guru hanya menyampaikan pokok materi pembelajaran yang ada mengingat waktu yang terbatas saat pembelajaran, sehingga siswa merasa bahwa materi yang disampaikan oleh guru sangat bermanfaat dan pada akhirnya mereka fokus memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, R. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religiu (Studi Kasus Di SMK NU Tulungagung) Tahun Ajaran 2018-2019. (Skripsi, UIN Satu Tulungagung).
Arfai, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Luring Sistem Shift (Ganjil Genap) Pada Pembelajaranpendidikan Agama Islam Pada Era New Normal Di SD Negeri 61 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Ambarita, Jenri, Jarwati, Dina Kurnia.R. 2020. Pembelajaran Luring. Indramayu : Adanu Abimata. Penerbit Adab.

Berita Hari Ini. 2021, dalam kumparan.com/berita-hari-ini/memahami-arti-luring-sebagai-sistem-pembelajaran-1wVDZe3me61, (20/05/2022)

Djamaluddin, Ahdar, Wardana, 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan : Kaaffah Learning Center

Elisa, Edi. 2016, Pengertian Pembelajaran dalam, dalam educhannel.id/blog/artikel/pengertian-pembelajaran.html, (20/05/2022)

Hujair AH Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safitria Insani Press

Jean Baptiste Say. 2022. Arti & Pengertian Wirausaha (KBBI) dengan Sinonim / Antonim / Kata Turunan. dalam www.poskata.com/arti/wirausaha/ , (11/05/2022)

Kairusta, Y. R., Nazmi, R., & Junaidi, J. K. Dampak Sistem Pembelajaran Shift Bagi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Ips 2 Sman 6 Bengkulu. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 15-23.

KBBI online (2016). Efektif, diunduh dari kbbi.kemdikbud.go.id/entri/efektif

KBBI online (2016). Luring, di unduh dari kbbi.kemdikbud.go.id/entri/luring

Kemdikbud. 2021. Buku Saku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)

Mustafa, S., Mustikaningsih, H., & Imayanti, R. (2021). Pembelajaran tatap muka (PTM) pada masa pandemi Covid-19 di SMA.Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1-12.

Tysara, Laudia. 2022. Pengertian Luring adalah Pembelajaran Tatap Muka, Simak Penjelasannya, dalam hot.liputan6.com/read/4925841/pengertian-luring-adalah-pembelajaran-tatap-muka-simak-penjelasannya, (26/05/2022)

Payakumbuh, Klikpositif. 2019, dalam klikpositif.com/tugas-guru-tidak-hanya-mentransfer-ilmu-ke-siswa/, diakses (20/05/2022)

Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kemdikbud. 2020 dalam pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/, (20/05/2022)

Rifa’i, RC Achmad, Catharina Tri.A, 2011. Piskologi Pendidikan. Semarang : Unnes Press

Salmaa. 2021. Pembelajaran Luring: Kelebihan, Kekurangan dan Masalah yang Kerap Dihadapi, dalam penerbitdeepublish.com/pembelajaran-luring, (30/05/2022)

Sekolah Murid Merdeka. 2021, dalam sekolahmuridmerdeka.id/blog/ index.php/pembelajaran-daring-dan-luring/, (10/05/2022)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suwinardi. “Langkah Sukses Memulai Usaha” Orbith, vol 14 no 03, 2018 h. 195-201

Putri, Trisa Rahma. 2022. Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring di Tengah Pandemi Covid-19, dalam kompasiana.com/trisa16459/62164077870064271408ba22/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19, (20/05/2022)

Turdjai. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa”. Triadik, Volume 15, No.2, 2016, h. 17-29

Wikipedia, 2021. Intranet, dalam id.wikipedia.org/wiki/Intranet, (20/05/2022)

Zakky. 2020, Zona Referensi llmu Pengetahuan Umum, dalam www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/, (20/05/2022)
Published
2022-12-15
How to Cite
NUGROHO, Ananda Rizky; MARLIYAH, Lili; SETYANINGSIH, Sri. Efektifitas Pembelajaran Luring Sistem Shift Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 51 - 59, dec. 2022. ISSN 2721-835X. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/2389>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v3i2.2389.

Most read articles by the same author(s)