Pengaruh Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang

  • Siti Fatimah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Kasidi Kasidi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Marhaeni Dwi Satyarini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring sebagai salah satu bentuk kebijakan pembatasan interaksi masyarakat untuk mencegah meluasnya virus covid-19, mendapat beberapa masalah dan kendala antara lain: dosen dalam penyampaian materi yang kurang jelas, mahasiswa kurang dapat  memahami materi yang disampaikan, keterbatasan kuota internet, serta jaringan internet dalam wilayah tertentu belum stabil. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran daring pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang,   prestasi belajar mahasiswa, serta pengaruh kualitas model pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linier, dengan jumlah populasi 72 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Variabel independent kualitas model pembelajaran daring (X) dan variabel dependent: prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi 2020/2021 (Y). Hasil penelitian menunjukkan: (1) kualitas pembelajaran daring tinggi dengan skor rata-rata 76,52%; (2) indeks prestasi belajar mahasiswa rata-rata 3,46; (3) Uji hipotesis membuktikan terdapat pengaruh signifikan kualitas pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas IVET Semarang 2020/2021 dengan koefisien F = 5,660 pada taraf signifikan 0.020 ? 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 0,062. Dengan demikian kualitas pembelajaran daring menjadi salah satu variabel yang dapat mempengaruhi pencapaian prestasi belajar siswa, namun tidak menjadi variabel dominan dalam pencapaian prestasi belajar tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya Dian Anggraeni. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 1 Kragilan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Andi Purnama, 2021, Tujuh Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Daring, https://ruber.id/pendidikan-dasar-hingga-pendidikan-tinggi-beralih-ke-pembelajaran-daring/

Brigita Jily Priscila Paraso, 2022, Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Google Classroom, Pendapat Mahasiswa terhadap Platform Pembelajaran Virtual di Era Pandemi Covid-19, https://ejournal.unsrat.ac.id

Fibriyanto, 2021, Kelebihan dan Kekurangan Zoom Meeting https://www.localstartupfest.id/kelebihan-kekurangan-zoom/

Febrianto, Aziza Restu, 2021, Mengenal Ragam Pembelajaran daring, https://unkartur.ac.id/blog/2021/11/29/mengenal-ragam-pembelajaran-daring/#:~:text

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Mahasiswa Pada Panndemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. Jurnal Pendidikan Volume 1 No. 1, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hidayat, Syarif dan Asroi. 2013. Manajemen Subtansi dan Implementasi dalam Praktek Pendidikan di Indonesia. Tangerang : Pustaka Mandiri

Indihome, 2021, Cara Menyajikan Metode pembelajaran Daring yang Menyenangkan dan Menarik, https://indihome.co.id/blog/cara-menyajikan-metode-pembelajaran-daring-yang-menyenangkan-dan-menarik

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3 (1), 53–65.

Livina Hermawan, 2022, Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Google Meet, https://www.pinhome.id/blog/kelebihan-dan-kekurangan-aplikasi-google-meet/

Muliyani, Syahrul, Ruslan, 2021, Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makasar, http://eprints.unm.ac.id/21275/1/1729040016-Jurnal%20Muliyani.pdf

Pohan, Albert Effendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah : CV. Sarnu Untung.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62.

Sevima, Seprila Mayang, 2021, Tahapan Penting Merancang Pembelajaran Daring Menurut Kemendikbud-Ristek, Sevima, https://sevima.com/5-tahapan-penting-merancang-pembelajaran-daring-menurut-kemendikbud-ristek/

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8, Nomor 1, Halm. 81-86.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013, Startegi Pembelajaran, Yogyakarta: Arr-ruzz Media

Syaiful Bahri Djamarah. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Tu’u. Tulus, 2004, Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: PT. Grasindo.

Yusuf Bilfaqih & M. Nur Qomarudin, 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Published
2022-12-15
How to Cite
FATIMAH, Siti; KASIDI, Kasidi; SATYARINI, Marhaeni Dwi. Pengaruh Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 33 - 42, dec. 2022. ISSN 2721-835X. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/2388>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v3i2.2388.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>