Modernisasi Pendidikan di Pondok Pesantren Miftahul ‘Amal Jiken, Blora
Abstract
Pondok pesantren harus mengembangkan dan membuka diri terhadap perubahan yang terjadi di era globalisasi sesuai perkembangan teknologi, agar mampu mensejajarkan diri dengan lembaga pendidikan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, tujuan, pelaksanaan dan kendala modernisasi pendidikan di Pondok Pesantren Miftahul ‘Amal Blora.Sumber data penelitian ialah Kyai, Ketua pondok pesantren, Ustadz atau guru, dan Santri.Pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan: latar belakang modernisasi pendidikan di pondok pesantren : a). image negatif masyarakat tentang pendidikan pondok pesantren yang kuno dan tertinggal dari perkembangan Iptek b). tradisi lama yang jika dipertahankan menyebabkan pondok pesantren tidak diminati masyarakat c). pembelajaran hanya mengkaji materi agama yang didasarkan pada kitab kuning. Tujuan modernisasi pondok pesantren: 1). memenuhi kebutuhan santri akan keilmuan, baik ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum lainnya dan ketrampilan sesuai dengan perkembangan Iptek, 2). meningkatkan kualitas dan kemandirian santri dengan menyesuaikan pendidikan di pondok pesantren dalam aspek kurikulum, metode pembelajaran, teknologi, dan ketrampilan, 3). meningkatkan kualitas pendidik dan melengkapi fasilitas pondok sesuai perkembangan teknologi.Pelaksanaan modernisasi pendidikan di pondok pesantren Miftahul ‘Amal Jiken, Blora meliputi: modernisasi kelembagaan, kurikulum, metode pembelajaran, kualitas sumber daya manusia, serta melengkapi sarana prasarana pondok dengan fasilitas berbasis teknologi, dan kendalanya antara lain: sulitnya mengubah mind set Kyai sepuh, keterbatasan dana dan kualitas sumber daya manusia.
Downloads
References
Azra, Azyumardi. 2001. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kalimah
Dahri, Harapandi. 2007. Modernisasi Pesantren. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama
Dhofier, Zamaksyari. 1990. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES
Kompri. 2018. Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenadamedia Group
Mahmud. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Mastuhu. 1994. Dinamika Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS
Mas’ud, Abdurrahman. 2013. Kyai Tanpa Pesantren. Yogyakarta: Gama Media
Khoirzaman, 2014, Modernisasi Pendidikan, diakses tanggal. 12 Maret 2019, http://khoirzaman.blogspot.com/2014/12/modernisasi-pendidikan.html
Saefudin, Furkon. 2016. Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif Nurcholis Madjid. Skripsi pada UIN Alauddin.Makasar. Dipublikasikan
Soerjono, Soekanto. 1996. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahid, Adurrahman. 2001. Menggerakkan Tradisi. Esai-esai Pesantren. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta
Yasmadi.2002. Modernisasi Pesantren Kritik Nurcholis Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta Selatan: Ciputat Press.