Hubungan Antara Kualitas Sistem dengan Kepuasan Pengguna Aplikasi Halodoc di Kota Semarang
Abstract
Halodoc merupakan salah satu aplikasi telemedis yang populer di Indonesia, termasuk di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas sistem dengan kepuasan pengguna aplikasi halodoc di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei analitik dan desain cross-sectional. Sampel penelitian sebanyak 106 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring berupa google formulir dan dianalisis menggunakan uji korelasi Kendall Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menilai kualitas sistem dalam kategori “cukup baik” (67,9%) dan kepuasan pengguna dalam kategori “cukup puas” (69,8%). Uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas sistem dengan kepuasan pengguna (koefisien korelasi 0,804; nilai p 0,000). Semakin baik kualitas sistem halodoc, maka semakin tinggi pula kepuasan pengguna. Perbaikan pada aspek keandalan sistem, keamanan, dan responsivitas layanan perlu terus dilakukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
References
Al-Okaily, M., Al-Kofahi, M., Shiyyab, F. S., & Al-Okaily, A. (2023). Determinants of user satisfaction with financial information systems in the digital transformation era: insights from emerging markets. Global Knowledge, Memory and Communication, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/GKMC-12-2022-0285/FULL/XML
Ariadanang, A. K., & Chusumastuti, D. (2022). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Aplikasi Telemedicine Halodoc Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Follower Akun Twitter @Halodocid. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 119–136. https://doi.org/10.56873/jimik.v6i2.210
Du, Y., & Gu, Y. (2024). The development of evaluation scale of the patient satisfaction with telemedicine: a systematic review. BMC Medical Informatics and Decision Making, 24(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/S12911-024-02436-Z/TABLES/3
Ellyamurti, D. O., Claudia, M., Andini, T. M. R., & Bernarto, I. (2024). Analysis of User Satisfaction of the Halodoc Telemedicine Platform in DKI Jakarta in 2024. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 7(3), 4922–4934. https://doi.org/10.31538/IIJSE.V7I3.5052
Furinto, A., Tamara, D., Saputra, A., & Saputra, T. F. (2022). E-Service Quality in Digital Health Applications.
Garcia, R. (2021). Examining dimensions of patient satisfaction with telemedicine. College of Computing and Digital Media Dissertations. https://via.library.depaul.edu/cdm_etd/33
Hawrysz, L., Kludacz-Alessandri, M., & Walczak, R. (2024). Predictive Factors of Physicians’ Satisfaction and Quality of Work Under Teleconsultation Conditions: Structural Equation Analysis. JMIR Human Factors, 11(1), e47810. https://doi.org/10.2196/47810
Mann, D. M., Chen, J., Chunara, R., Testa, P. A., & Nov, O. (2020). COVID-19 transforms health care through telemedicine: Evidence from the field. Journal of the American Medical Informatics Association, 27(7), 1132–1135. https://doi.org/10.1093/jamia/ocaa072
Muhlizardy, R. I. K., Widyaningrum, N., Aisyiyah, U. ’, & Yunuarti, S. (2023). Analisis Kepuasan Penggunaan Layanan Telemedicine. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(3), 269–278. https://doi.org/10.55606/JIKG.V1I3.1839
Olivos, M., García, V., & Torre, L. D. La. (2023). Evaluation of user satisfaction in parents or caregivers of pediatric patients with colorectal pathology in the use of telemedicine. Journal of Pediatric Surgery Open, 4, 100060. https://doi.org/10.1016/J.YJPSO.2023.100060
Pratiwi, P. M. D. A. W. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Di Poli KIA Puskesmas X Demak. FASKES: Jurnal Farmasi, Kesehatan Dan Sains, 1(3), 94–107. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/faskes/article/view/2283
Putri Kawidjaya, S., Bergi Nugroho, A., Aditya Pradesa, H., Imam Taufik, N., Bisnis Sektor Publik, A., & STIA LAN Bandung, P. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/MSEJ.V4I6.2548
Rahayu, D. S., Nur, D., Marchamah, S., & Arumsari, W. (2024). Hubungan Kualitas Layanan Kesehatan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Di Klinik Pratama Syafana Medika. 5(2), 65–73.
Sabbir, M. M., Taufique, K. M. R., & Nomi, M. (2021). Telemedicine acceptance during the COVID-19 pandemic: User satisfaction and strategic healthcare marketing considerations. Health Marketing Quarterly, 38(2–3), 168–187. https://doi.org/10.1080/07359683.2021.1986988
Santoso, B. S., Budiyanti, R. T., Nandini, N., & Masyarakat, F. K. (2024). ANALISIS PEMANFAATAN LAYANAN TELEMEDICINE PASCA PANDEMI COVID-19 DI JAWA TENGAH. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 12(2), 119–129. https://doi.org/10.14710/JMKI.12.2.2024.119-129
Saputra, D. A., & Dewi, R. K. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Platform Telemedicine Halodoc Tahun 2022. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.53416/JURMIK.V2I2.103
Yesilada, F., Tshala, A., Ahmed, J., & Nwosu, L. (2025). The role of perceived telemedicine quality in enhancing patient satisfaction during the COVID-19 pandemic: The mediation of telemedicine satisfaction. Multidisciplinary Science Journal, 7(3), 2025127–2025127. https://doi.org/10.31893/MULTISCIENCE.2025127
Yuliana; Marchamah, D. D. R. (2024). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas X Kabupaten Grobogan. Termometer?: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 2(1), 235–246. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Termometer/article/view/2843