Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Pencegahan Covid-19 Di Puskesmas Rawasari Kota Jambi
Abstract
Wabah coronavirus mencapai angka 147 juta kasus, sehingga diperlukan secara dini terkait pencegahan Covid-19. Tenaga kesehatan khususnya perawat memiliki peranan penting dalam upaya pencegahan dan penanganan secara langsung. Perawat sebagai petugas kesehatan memiliki peran sebagai edukator atau pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara peran caregiver sebagai pendidik dengan pencegahan Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini berjumlah 33.452 pengunjung, dengan teknik random sampling sebanyak 61 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juni sampai dengan 3 Juli 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan hasil penelitian ini dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi-square. nilai p 0,002. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perawat sebagai pelatih terkait dengan pencegahan Covid19
References
Chen. 2010. “Nursing Perspectives on the Impacts of COVID-19. The Journal of Nursing Research ? VOL. 28, NO. 3, JUNE 2020.”
Eka. 2021. “Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pada Penderita Komorbid. Jurnal Ilmiah Media Husada. Vol.10, No.1, Halaman 34-4.”
Eriyani, Theresia, Iwan Shalahuddin, and Udin Rosidin. 2021. “Edukasi 3M Dalam Meningkatkan Self-Awareness Terhadap Penyebaran Covid-19 Di Smkn 4 Garut.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (1): 98. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32341.
Kemenkes. 2020. “Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Germas, 0–115.”
Kozier. 2012. “Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta?: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Manoppo, Erick Johans, and Gresty M Masi. 2018. “Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Kepatuhan Penatalaksanaan Hipertensi Di Puskesmas Tahuna Timur.” Jurnal Keperawatan 6 (1).
Mujiburrahman. 2020. “Pengetahuan Berhubungan Dengan Peningkatan Perilaku Pencegahan COVID - 19 Di Masyarakat. Vol. 2, No. 2 (2020).” Jurnal Keperawatan Terpadu 2 (2): 130–40. http://jkt.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/home/article/view/85/69.
Notoatmodjo. 2014. “Promosi Kesehatan. Jakarta?: PT. Rineka Cipta.
Nursalam. 2017. “Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. (4th Ed.). Jakarta: Salemba Medika.
Perry, Potter &. 2012. “Fundamental Of Nursing: Consep, Proses and Practice.. Jakarta?: EGC.
Purnamasari, Ika, and Anisa Ell Raharyani. 2020. “Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Kabupaten Wonosobo Tentang COVID-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol.4, No.2.” https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jik/article/view/1311.
Safrizal. 2021. “Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19. Jakarta.
Sons, John &. 2020. “Nursing Education after COVID-19. J Clin Nurs. 2020;29:3117–3119.
Wileyonlinelibrary.Com/Journal/Jocn,” 3117–19. https://doi.org/10.1111/jocn.15322.
Surahman. 2016. “Ilmu Kesehatan Masyarakat PKM. Jakarta?; Kemenkes RI.”
Widiasih, Restuning, Etika Emaliyawati, Sri Hendrawati, Raini Diah Susanti, Titin Sutini, Citra Windani, and Mambang Sari. 2021. Global Qualitative Nursing Research Volume 8: 1–8.”https://doi.org/10.1177/23333936211014851.