Pengaruh Sikap dan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Simple-12 Terhadap Prestasi Siswa Mata Pelajaran Sejarah SMA N 12 Semarang
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang Pengaruh Sikap Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Simpel -12 Terhadap Prestasi Siswa Mata Pelajaran Sejarah SMA N 12 Semarang. Perkembangan aplikasi dan teknologi informasi telah memasuki dunia pendidikan. Berbagai bahan pembelajaran telah diproduksi dan dikonsumsi melalui beberapa teknologi. Salah satunya yaitu Simple-12, Adalah Suatu Aplikasi e-learning yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh dan terdapat beberapa fitur didalamnya. Mata pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dan berada pada kelompok wajib A, artinya mata pelajaran sejarah wajib diambil dan ditempuh oleh seluruh peserta didik agar mendapat prestasi yang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah sikap dan motivasi siswa. Sikap yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah sikap siswa; sikap siswa jujur, disiplin, Tanggung jawab,Toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri terhadap pembelajaran sejarah. Motivasi yang dimaksud adalah motivasi belajar siswa terhadap pelajaran sejarah dan perasaan senang terhadap pembelajaran sejarah.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model atau jenis penelitian survei. Objek penelitian adalah Kelas XI di SMA N 12 Semarang sebanyak 120 siswa.Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan(Survei), dokumentasi dan angket. Instrumen kuesioner atau angket divalidasi dengan uji validitas konstruk serta analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata sikap dan motivasi belajar siswa mempengaruhi terhadap prestai belajar siswa.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Sikap Siswa berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Siswa Mata Pelajaran sejarah pada kelas XI SMA N 12 Semarang yang di tunjukan nilai t hitung > t tabel sebesar (4,740 > 1,657). (2) Motivasi Siswa Berpengaruh Positif Signifikan Terhadap Prestasi Siswa Mata Pelajaran Sejarah pada kelas XI di SMA N 12 Semarang yang di tunjukan nilai t hitung > t tabel sebesar (3,367 > 1,657). (3) Terdapat pengaruh Positif dan signifikan antara Sikap Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi siswa Mata Pelajaran Sejarah pada kelas XI di SMA N 12 Semarang yang di tunjukan dengan Fhitung 4238.843 > Ftabel 3,07.
This study describes the influence of student attitudes and motivation in simple learning -12 on student achievement in history subjects at SMA N 12 Semarang. The development of applications and information technology has entered the world of education. Various learning materials have been produced and consumed through several technologies. One of them is Simple-12, is an e-learning application that is used in distance learning and has several features in it. History subjects are one of the important subjects and are in mandatory group A, meaning that history subjects must be taken and taken by all students in order to get good achievements. One of the factors that affect learning achievement is the attitude and motivation of students. The attitude referred to in this study is the attitude of students; students' attitudes are honest, disciplined, responsible, tolerant, cooperative, polite, and confident towards history learning. The motivation in question is the student's motivation for learning history and feeling happy about learning history.
This type of research is quantitative with a model or type of survey research. The object of research is Class XI at SMA N 12 Semarang as many as 120 students. Data collection uses the method of observation (survey), documentation and questionnaires. The questionnaire instrument or questionnaire was validated by construct validity test and quantitative analysis was performed by simple linear regression analysis. The result of the research shows that it turns out that students' learning attitudes and motivations affect students' learning achievements.
The results of the study show that: (1) Student attitudes have a significant positive effect on student achievement in history subjects in class XI SMA N 12 Semarang which is shown by the value of t count > t table of (4,740 > 1,657). (2) Student Motivation Has a Significantly Positive Effect on Student Achievement in History Subjects in class XI at SMA N 12 Semarang which shows the value of t count > t table of (3.367 > 1.657). (3) There is a positive and significant influence between student attitudes and motivation in learning on student achievement in history subjects in class XI at SMA N 12 Semarang which is shown by Fcount 4238,843 > Ftable 3.07.
References
Ahmadi. 2013. Sikap yang Tercermin Dari Prilaku. Jakarta: Renika Cipta.
Arikunto Suharsimi. 2019. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmara. 2019. Metode Dan Disiplin Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar S. 2016. Pengantar Psikologi intelegensi. Yogyakarata: Pustaka Belajar.
Dalyono. 2019. Psikologi Pndidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djiwandono. 2012. Pentingnya Motivasi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Gerungan. 2018. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Reresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hapsari, Sri. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat, Arief. 2018. Penggunaan Media Peta Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Pada Sma Islam PB. Diakses pada tanggal 28 desember 2020.