UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS XI REKAYASA PERANGKAT LUNAK 1 SMK N 3 KENDAL
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
Abstract
Tujuan Penelitian: (1).Mendeskripsikan data empiris pelayanan BK karir. (2)Mendeskripsikan data empiris pemilihan karir. (3)Mendeskripsikan peningkatan pemilihan karir. Jenis penelitian tindakan bimbingan konseling dengan metode gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian. (1)Prasiklus pemilihan karir menunjukan cukup dan tinggi 64,15%, secara umum dalam kategori tinggi. (2)Siklus I pemilihan karir menunjukan tinggi dan tinggi 73,15%, secara umum dalam kategori tinggi. (3)Siklus II pemilihan karir menunjukan tinggi dan sangat tinggi 85,25%, secara umum pemilihan karir dalam kategori sangat tinggi
References
Ernawati, Pipik, and AR Koesdyantho. 2013. “Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Terhadap Minat Berwirausahan Pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran SMK Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012.” Jurnal Pemikiran Sosiologi.
Hidayati, Novi Wahyu. 2014. “Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa.” Jurnal Edukasi 1(1).
Sabila, Farah Nur, Ririanti Rachmayanie J, and Rizky Ildiyanita. 2021. “Upaya Meningkatkan Resiliensi Akademik Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Counseling Pada Siswa Kelas Vii Smp Gibs Barito Kuala.” Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fkip Universitas Lambung Mangkurat 4(4): 1–9.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Https://Doi.Org/10.1.