Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas XI SMK Teuku Umar Semarang

Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Puzzle

  • Taufan Wahidin Universitas Ivet
  • Banun Sri Haksasi Universitas Ivet
  • Tri Leksono Prihandoko Universitas Ivet

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan apakah layanan bimbingan kelompok dengan permainan puzzle efektiv untuk meningkatkan pemahaman Karier siswa kelas XI SMK Teuku Umar Semarang. penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dan metode penelitian kuantitatif. hasil penelitian ini pemahaman karier siswa sebelum mendapatkan perlakuan, dari hasil rata-rata pre-test kelompok eksperimen = 60,90 dan kelompok kontrol = 62,80. Pemahaman karier siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok hasilnya yaitu nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen = 78,60 dan kelompok kontrol =  69,10. Sedangkan pada hasil Test Statistics uji mann whitney bahwa terdapat nilai U = 24,5 dan nilai W = 79,5 dikonversi ke nilai Z = -1,1930. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,54 lebih besar dari sig. 0,05. Terdapat perbedaan dalam peningkatan pemahaman karier siswa pada kelompok eksperimen  yang menggunakan  layanan bimbingan kelompok dengan permainan puzzle merupakan inovasi dari game yang  menyenangkan dan kelompok kontrol memanfaatkan dinamika kelompok sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini efektiv untuk meningkatkan pemahaman karier siswa kelas XI SMK Teuku Umar Semarang

References

Aqibudin, Idrus. 2018. “Manajemen Bimbingan Dan Konseling Berbasis Bimbingan Karir Di Smp 1 Gebog Kudus.” QUALITY 6(1).
Budisiwi, Hastin. 2013. “Model Bimbingan Karir Holland Untuk Meningkatkan Kematangan Pilihan Karir Siswa.” Cakrawala: Jurnal Pendidikan 7(1).
Erawati, Chazanah. 2013. “Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Game Untuk Meningkatkan Kreativitas SISWA.” Jurnal Bimbingan Konseling 2.
Ertik Indrawati, Setyorini dan Sumardjono Padmomartono. 2014. “Meningkatkan Perilaku Asertif Menggunakanpendekatanbehavioral Dengan Latihan Asertifpada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Salatiga.” Satya Widya 30 NO.1(Bimbingan dan Konseling): 2–3.
Faishal, Yanuar Brasista Amar, Heri Saptadi Ismanto, and Padmi Dhyah Yulianti. 2014. “Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Puzzle Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.” Jurnal Bimbingan dan Konseling 1 Nomor 1.
Handayani, Dwi Asih Kumala et al. 2021. “Comparative Study of Student Leadership Attitudes and Discipline Attitudes.” Universal Journal of Educational Research.
Kusumawati, Sukardi &. 2008. “Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” In Rineka Cipta.
Lailatul Arofah, Sri Sayekti, Elfi Rimayati. 2022. “Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa.” Empatyh Cons 4(Konseling): 35. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2011. Psikologi Remaja Psikologi Remaja Edisi Revisi.
Sugiono. 2016. “Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Published
2024-01-31
How to Cite
WAHIDIN, Taufan; HAKSASI, Banun Sri; PRIHANDOKO, Tri Leksono. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas XI SMK Teuku Umar Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 32-38, jan. 2024. ISSN 2656-9655. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/3086>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles