Membentuk Karakter Anak Berkonsep Nilai-Nilai Moral dan Agama
Abstract
Pembentukan nilai-nilai karakter pada anak usia dini merupakan hal yang paling utama dalam membentuk kepribadian anak sejak usia dini. Pembentukan karakter mempunyai makna yang sejalan dengan pendidikan moral. Pendidikan karakter anak denga konsep nilai-nilai moral bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah tetapi membantu anak membentuk nilai-nilai yang baik, sehingga anak dapat mengolah emosi dengan matang. Penelitian ini bertujuan mengetahui pembentukan karakter anak dengan konsep nilai-nilai moral. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, yang menghasilkan data bahwa pembentukan karakter anak sejak usia dini tidak hanya melahirkan anak-anak yang cerdas secara intlektual saja, tetapi juga memiliki moral yang baik serta taat dalam beragama
References
Syaikh Musthofa al-Ghulayani, Idhatun an- Nasiin, (Bairut: Al-Maktabah Al Asyriyah, 1953)
F.J. McDonald, Educational Psycology, (Tokyo: Overseas Publication, Ltd, 1959)
Achmad Maulana, dkk., Kamus Ilmiyah Populer, (Yogyakarta: Absolut, 2008)
Soegarda Poerbakawatja dan Harahap, Ensiklopedi Pendidikan, (Jakarta: Gunung Agung, 1976)
Portland House, Webster’s Unbridge Dictionary Of the English Language, (New York: Lithium Press, Ltd, 1989)
Mansnur Mulich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantang Krisis Multidimensional, (Bandung: Bumi Aksara, 2011)
Doni Koesoma, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta: Garsindo, 2010)
Abdul Majid Dan Dian Adiyani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Fatchul Mu’in, Pendidikan Karakter: Kontruksi Teoriti dan Praktik, (Yogyakarta: ar Ruzz Media, 2011)
Hanna Djumhana Bastaman, Integrasi Psikologi dengan Islam, (Yogyakarta: Yayasan Insan Kamil, 2001)
Netty Hartaty, dkk., Islam dan Psikologi, (Jakarat: PT. Raja Grafindo Persada, 2005)
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003)
Dharma Kesuma, dkk., Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Departemen Agama RI, Al Qur’an Dan Terjemah Bahasa Indonesia, (Kudus: Menara Kudus, 2006)
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, (Jakarta: Bumi Aksara, 2000)
Akhad Muhaimin Azzet, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, (Jogjakarta: ar Ruzz Media, 2011)
Jamal Ma’mur Asmani, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Diva Press, 2011)
Rif’at Syauqi Nawawi, Kepribadian Al Qur’an, (Jakarta: Amzah, 2011)
Mahfud Junaidi, Kyai Bisri Musthofa: Pendidikan berbasis Pesantren, (Semarang: Walisongo Press, 2009)
Imam Ahmad Ibnu Nizar, Membentuk & Meningkatkan Disiplin Anak Sejak Usia Dini, (Yogyakarta: Diva Press, 2009)
M. Furqon Hidayatullah, Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa, (Surakarta: Yuma Pustaka, 2010)
Mujiatun dan Munafiah, Penanaman Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini, dalam JPP PAUD FKIP Unirta, Volume 7 Nomor 1, Januari 2020.
Jauharotur Rihlah, dkk., Pendidikan Karaker Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19, dalam PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 4, Nomor 1, Oktober 2020.