Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Membolos (Survey kelas X TKR di SMK PALAPA Semarang)

  • Putisami Pianda Puaraka Universitas Ivet

Abstract

Salah satu bentuk pelanggaran di sekolah adalah pelanggaran siswa membolos sekolah.Faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi siswa membolos sangat perlu di ketahui oleh berbagai pihak sekolah baik dan guru di dalamnya. Peran sekolah dan guru sangat berperan penting dalam upaya penanggulangan  siswa membolos. Hal ini diperlukan perhatian penuh untuk mengatasi masalah membolos di SMK Palapa Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong perilaku siswa membolos.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa faktor-faktor yang  mendorong siswa membolos yang paling dominan yaitu; Faktor Internal; ketidakmampuan siswa mengatur waktu dan faktor eksternal;perngaruh teman sebaya.Sehingga diperlukan perhatian dari orang tua,sekolah dan layanan bimbingan dan konseling untuk mengkondisikan anak agar bisa mengurangi perilaku membolos

References

Cipta.
Ihsan, fuad. 2013. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Kartono, Kartini. 2016. Pemimpin Dan Kepemimpinan, Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?
Sisdiknas, No. 2. 2003. Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.
Yulianthi, Hety, Gantina Komalasari, and Michiko Mamesah. 2012. “Faktor Penyebab Siswa Membolos ( Survey Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 232 Jakarta ).” INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling.
Published
2020-12-20
How to Cite
PUARAKA, Putisami Pianda. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Membolos (Survey kelas X TKR di SMK PALAPA Semarang). Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 21-29, dec. 2020. ISSN 2656-9655. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/1483>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles