Tingkat Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Kelas X SMK Teuku Umar Semarang
Abstract
Teknologi komunikasi saat ini berkembang sangat pesat ditandai dengan mudahnya seseorang berkomunikasi dimanapun dan kapanpun. Teknologi komunikasi membawa dampak besar dalam kehidupan. Salah satunya penggunaan media sosial yang semakin menjamur dikalangan masyarakat, khususnya kalangan pelajar. Karena tidak dapat mengontrol dalam mengakses media sosial siswa menjadi kecanduan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kecanduan media sosial siswa kelas X di SMK Teuku Umar Semarang dengan menggunakan teknik analisis deskriptif presentase dengan metode studi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-RPL berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan Bahwa, tingkat kecanduan media sosial siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang ada 13 responden termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase (38.2%). Dengan hasil indikator 1 (Penggunaan berlebih) adalah 57,98 % termasuk dalam kriteria rendah. Indikator 2 (Mengabaikan Waktu untuk Belajar) adalah 59,35 % termasuk dalam kriteria rendah. Indikator 3 (Ketidakmampuan Mengontrol Diri dan Pemborosan) adalah 75,61% termasuk dalam kriteria tinggi. Indikator 4 (Mengabaikan Kehidupan Sosial) adalah 63,87% termasuk dalam kriteria sedang. Hal ini berarti siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang memiliki tingkat kecanduan media sosial tinggi yang berarti siswa harus mampu mengontrol dalam penggunaan media sosial.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.” Bumi Aksara.
Fatmawati, Endang. 2017. “Dampak Media Sosial Terhadap Perpustakaan.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan.
Hadi, Sutrisno. 2014. “Metodologi Research.” Universitas Gajah Madha.
Hidajat, Monica, Angry Ronald Adam, Muhammad Danaparamita, and Suhendrik Suhendrik. 2015. “Dampak Media Sosial Dalam Cyber Bullying.” ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications.
Juwita, Rina. 2017. “Media Sosial Dan Perkembangan Komunikasi Korporat.” Jurnal Penelitian Komunikasi.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Https://Doi.Org/10.1.
Sugiyono, Prof. Dr. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D.