Efektivitas Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMP Teuku Umar

  • Eva - Andriyana Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan klasikal menggunakan media audio-visual untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa dan mengetahui perbedaan kecerdasan emosional siswa antara menggunakan bimbingan klasikal dengan media audio visual dengan bimbingan klasikal tanpa media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen yaitu dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi merupakan seluruh siswa dengan jumlah 584. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling kuota yaitu kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol (28 siswa) dan VIII 4 sebagai kelas eksperimen (28 siswa). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket tertutup) dengan jumlah 41 item. Hasil penelitian ini menunjukkan bimbingan klasikal efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMP Teuku Umar, terbukti nilai mean pada post-test kelas eksperimen (176,61) > nilai pre-test (124,75). Sedangkan nilai mean pada post-test kelas kontrol (167,89) lebih besar dari nilai pretest (124,61). Bimbingan klasikal menggunakan media audio visual lebih efektif dibanding bimbingan klasikal tanpa media audio visual, terbukti pada pengujian t-test jumlah mean post-test kelas eksperimen (176,61) > post-test kelas kontrol (167,86). Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal efektif/berpengaruh untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMP Teuku Umar dan terdapat perbedaan kecerdasan emosional siswa antara bimbingan klasikal menggunakan media audio visual dengan bimbingan klasikal tanpa media audio visual.

References

Agustini, Syukriyah, and Nyoman Trisna Herawati. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.” E-Journal Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Fraditya, Fraditya, Dewi Justitia, and Djunaedi Djunaedi. 2013. “Pengaruh Media Audio Visual Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas Viii Mengenai Bahaya Merokok Di Smp Negeri 1 Jakarta.” Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 2(Bimbingan dan Konseling).
Fujiyanto, Ahmad, Asep Kurnia Jayadinata, and Dadang Kurnia. 2016. “The Use of Audio Visual Media to Improve Student Learning Outcomes in Material Relationships between Living Creatures.” Jurnal Pena Ilmiah.
Manizar HM, Ely. 2016. “Mengelola Kecerdasan Emosi.” Tadrib 2.
Prayitno. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok.
Rini, Dewinta Arya, Michiko Mamesah, and Dede R. Hidayat. 2014. “Pengaruh Media Audio Visual Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Pacaran Yang Sehat.” Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Siwabessy, Louise B. dan Sri Hastoeti. 2008. “Bahan Ajar Sertifikasi Guru Bimbingandan Konseling Dalam Jabatan MelaluiJalur Pendidikan: Praktik BimbinganKlasikal.” Jakarta: Universitas NegeriJakarta dan Dikti Depdiknas.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Https://Doi.Org/10.1.
Tri Handayani, Suyanto. 2006. “Hubungan Eq, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Hasrat Marginal Menabung, Dengan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan
Published
2020-12-20
How to Cite
ANDRIYANA, Eva -. Efektivitas Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMP Teuku Umar. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-11, dec. 2020. ISSN 2656-9655. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/1481>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles