Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Kursi Kosong Di SMP YPE Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan bimbingan kelompok di SMP YPE Semarang; 2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa melalui bimbingan kelompok; 3) mengetahui efektivitas proses bimbingan kelompok teknik kursi kosong dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa di SMP YPE semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas VIII di SMP YPE Semarang yang berjumlah 10 anak, guru dan kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatakan kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebelum diberi layanan bimbingan kelompok adalah 469 dari hasil pra siklus dengan siswa berjumlah 10 orang, yang masuk kriteria rendah. Kemudian skor peningkatan kemampuan komunikasi interpersonl siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok adalah 919 dari hasil pasca siklus dengan kriteria 4 orang siswa termasuk sedang dan 6 orang siswa masuk kriteria tinggi. Mengalami peningkatan dari pra siklus sampai pasca siklus sebesar 45%. Hal ini membuktikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik kursi kosong cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa di SMP YPE Semarang dikarenakan perolehan skor dari pra siklus ke pasca siklus meningkat 45%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.” Bumi Aksara.
Erawati, Chazanah. 2013. “Jurnal Bimbingan Konseling 2 (2) (2013).” November 2013.
Lesmana, Tjipta. 2013. “Tuntutan Kemahiran Komunikasi Antarpribadi Dalam Profesi: Perspektif Hongkong Dan Indonesia.” Jurnal ILMU KOMUNIKASI.
Mulyana, Dedy. 2013. “Body Language In Therapeutic Communication A Crosscultural Perspective.” Communication.
Simanjuntak, Eva Betty. 2018. “Jurnal Handayani.” Jurnal Handayani.
Tohirin, Winkel, and M.M. Sri Hastuti. 2007. “Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah Berbasis Integrasi.” Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan.
Wood, Julia T. 2013. Komunikasi Interpersonal Interaksi Keseharian.