Pemberdayaan Masyarakat Padang Tarok Kecamatan Baso Melalui Workshop Tumbuh Kembang dan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus

  • Retno Triswandari Departemen Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Lili Mulyani Departemen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Indra Saputra Departemen Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ayu Eka Lestari Departemen Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ika PuspitasarI Departemen Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) memerlukan perhatian dan penanganan yang tepat untuk mengoptimalkan potensi tumbuh kembangnya. Masyarakat Padang Tarok, Kecamatan Baso masih memiliki keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam menangani ABK. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi, menangani, dan mendampingi anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) melalui workshop dengan teknik ceramah, diskusi, dan simulasi praktik. Peserta terdiri dari orangtua, guru, kader kesehatan, dan tokoh masyarakat. Materi workshop meliputi deteksi dini tumbuh kembang anak, jenis-jenis kebutuhan khusus, teknik stimulasi, dan strategi penanganan. Hasil menunjukkan bahwa setelah dilakukan pemberdayaan melalui workshop maka masyarakat Padang Tarok mampu memahami tahapan tumbuh kembang anak dan cara penanganan ABK dengan baik melalui aplikasi deteksi tumbuh kembang anak. Kegiatan ini juga berhasil membentuk kelompok pendukung ABK di tingkat komunitas. Workshop ini terbukti efektif dalam memberdayakan masyarakat untuk lebih peduli dan mampu menangani anak berkebutuhan khusus secara optimal.

References

Andriani, O., Della Rinjani, A., & Aprilia, P. (2024). PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT: MEMAHAMI KEHIDUPAN DAN TANTANGAN ANAK-ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 480–487.
Azijah, I., & Adawiyah, A. R. (2020). Pertumbuhan dan perkembangan anak: bayi, balita, dan usia prasekolah. Penerbit Lindan Bestari.
Mu’ammar, M. A. (2017). Hate Speech dan Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 19–32.
Pradita, L. E., & Jayanti, R. (2021). Berbahasa produktif melalui keterampilan berbicara: teori dan aplikasi. Penerbit Nem.
Samta, S. R., Utami, L., & Mulyani, L. (2024). Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Tumbuh Kembang Gizi Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 5(2), 76–85. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3382%0Ahttps://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/download/3382/2308
Sulaiman, S., Ramopoly, I. H., Panggalo, I. S., Sarajar, D. K., & Tulak, H. (2024). Buku Ajar Pendidikan Inklusi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sunarya, P. B., Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1). https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1617
Published
2025-06-30
How to Cite
TRISWANDARI, Retno et al. Pemberdayaan Masyarakat Padang Tarok Kecamatan Baso Melalui Workshop Tumbuh Kembang dan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 86-93, june 2025. ISSN 2722-3094. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3929>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v6i2.3929.
Section
Articles