Implementasi Kurikulum Berbasis Deep Learning untuk Mengoptimalkan Keterlibatan Anak Usia Dini di PAUD Alam Jungle School Semarang

  • Dewi Nugrahastuti Wirahno Universitas Ivet
  • Ika Tyas Mustika Sari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Budi Dyah Lestari Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi strategi desain kurikulum berbasis pembelajaran mendalam (deep learning) dalam meningkatkan keterlibatan anak usia dini di PAUD Alam Jungle School Semarang. Pembelajaran mendalam merupakan pendekatan pedagogis yang menekankan pada pemahaman konseptual, keterampilan berpikir kritis, dan pembelajaran yang bermakna melalui pengalaman langsung dengan alam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 25 anak usia 4-6 tahun, 5 pendidik, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum berbasis pembelajaran mendalam dengan pendekatan alam secara signifikan meningkatkan keterlibatan aktif anak dalam proses pembelajaran. Peningkatan terlihat pada aspek keterlibatan emosional (82%), keterlibatan perilaku (78%), dan keterlibatan kognitif (85%). Strategi utama yang efektif meliputi: pembelajaran berbasis proyek alam, eksplorasi langsung lingkungan, integrasi sains dan literasi melalui alam, serta refleksi kolaboratif. Temuan menunjukkan bahwa kurikulum berbasis pembelajaran mendalam dengan pendekatan alam mampu mengembangkan kemandirian, kreativitas, dan rasa ingin tahu anak secara holistik. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan kurikulum PAUD yang responsif terhadap kebutuhan perkembangan anak di era kontemporer, serta memberikan panduan praktis bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang bermakna dan berkelanjutan.

References

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Cornell, J. (2015). Sharing nature: Nature awareness activities for exploring the outdoors with children. Crystal Clarity Publishers.
Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publications.
Fjørtoft, I. (2001). The natural environment as a playground for children: The impact of outdoor play activities in pre-primary school children. Early Childhood Education Journal, 29(2), 111-117.
Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59-109.
Fullan, M., & Langworthy, M. (2014). A rich seam: How new pedagogies find deep learning. Pearson. Gardner, H. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic Books.
Hattie, J., & Donoghue, G. M. (2016). Learning strategies: A synthesis and conceptual model. Npj Science of Learning, 1(1), 1-13.
Helm, J. H., & Katz, L. G. (2016). Young investigators: The project approach in the early years (3rd ed.). Teachers College Press.
King, A. (2018). Deep learning in early childhood education: Fostering critical thinking and creativity. Routledge.
Klem, A. M., & Connell, J. P. (2004). Relationships matter: Linking teacher support to student engagement and achievement. Journal of School Health, 74(7), 262-273.
Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson Education.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage Publications. Montessori, M. (1967). The absorbent mind. Dell Publishing.
Musfiroh, T. (2019). Pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis kearifan lokal di Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 267-284.
Nedovic, S., & Morrissey, A. M. (2013). Calm active and focused: Children's responses to an organic outdoor learning environment. Learning Environments Research, 16(2), 281-295.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research and evaluation methods (4th ed.). Sage Publications. Piaget, J. (1977). The development of thought: Equilibration of cognitive structures. Viking Press.
Sobel, D. (2004). Place-based education: Connecting classrooms & communities. The Orion Society. Stake, R. E. (2010). Qualitative research: Studying how things work. Guilford Press.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Wulandari, S., & Purwanta, E. (2020). Efektivitas kurikulum tematik-integratif berbasis alam dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588-598.
Published
2025-06-30
How to Cite
WIRAHNO, Dewi Nugrahastuti; SARI, Ika Tyas Mustika; LESTARI, Budi Dyah. Implementasi Kurikulum Berbasis Deep Learning untuk Mengoptimalkan Keterlibatan Anak Usia Dini di PAUD Alam Jungle School Semarang. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 63-72, june 2025. ISSN 2722-3094. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3926>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v6i2.3926.
Section
Articles