Internalisasi Nilai Moral Agama dalam Pola Asuh Orang Tua: Studi Kualitatif pada Keluarga Muslim di Perkotaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai moral agama dalam pola asuh orang tua pada keluarga Muslim di wilayah perkotaan. Internalisasi nilai moral agama merupakan proses transformasi nilai-nilai keagamaan dari luar ke dalam diri individu melalui pendidikan dan pembiasaan dalam keluarga. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus terhadap 15 keluarga Muslim yang memiliki anak usia dini di Raudhatul Athfal (RA) Kecamatan Gajahmungkur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai moral agama dalam pola asuh orang tua meliputi tiga tahapan utama: transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Strategi yang digunakan orang tua meliputi keteladanan (qudwah hasanah), pembiasaan (habituation), dialog interaktif, dan penguatan positif. Faktor pendukung internalisasi meliputi komitmen religius orang tua, lingkungan keluarga yang kondusif, dan dukungan institusi pendidikan. Adapun faktor penghambat meliputi pengaruh media sosial, pergaulan negatif, dan keterbatasan waktu orang tua. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan konsep pola asuh berbasis nilai moral agama Islam dan implikasi praktis bagi pendidikan karakter anak usia dini di lingkungan keluarga Muslim perkotaan.
References
Arifin, Z., & Muslimah, S. (2021). Digital parenting challenges in Islamic moral education: A phenomenological study. International Journal of Islamic Studies, 8(3), 78-95. https://doi.org/10.1016/j.ijis.2021.04.008
Fadhilah, A., Rahman, M. T., & Nurdin, E. S. (2023). The role of Raudhatul Athfal in supporting family-based character education. Early Childhood Education Journal, 41(4), 287-304. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01456-x
Hasan, M. I., & Wijaya, C. (2020). Parental involvement in Islamic moral internalization: A qualitative analysis. Journal of Muslim Family Studies, 12(1), 23-39. https://doi.org/10.1080/15427609.2020.1734567
Hidayat, N., Kurniawan, A., & Sari, M. (2020). Value internalization in Muslim families: Cognitive, affective, and psychomotor dimensions. Religious Education, 115(3), 234-251. https://doi.org/10.1080/00344087.2020.1756789
Ibrahim, A. S., & Fatimah, N. (2019). Urban Muslim families and religious moral education: Contemporary challenges. Islamic Studies Quarterly, 27(2), 156-173. https://doi.org/10.1080/09596410.2019.1627834
Mahmudah, L., & Yusuf, H. (2023). Collaboration between family and Islamic early childhood education institutions. Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(1), 45-62. https://doi.org/10.1080/15566328.2023.2187456
Nasution, R. D., & Rahman, F. (2019). Globalization impact on Islamic family values: A sociological perspective. Sociology of Religion, 80(4), 445-463. https://doi.org/10.1093/socrel/sry089
Nurdin, M., & Anhusadar, L. (2024). Contemporary issues in Islamic parenting: Technology, urbanization, and moral development. Journal of Contemporary Islamic Studies, 18(1), 89-107. https://doi.org/10.1080/13674676.2024.2298765
Priatna, T., & Safitri, R. (2021). Positive reinforcement strategies in Islamic moral education at home. Child Development Perspectives, 15(2), 112-127. https://doi.org/10.1111/cdep.12398
Septiani, D., & Nasution, M. K. (2021). Balancing modernity and Islamic values in urban Muslim parenting. Journal of Family Issues, 42(8), 1789-1808. https://doi.org/10.1177/0192513X20987654
Suryadi, A., & Hartini, S. (2022). Interactive dialogue in Islamic family education: Building critical thinking in children. Educational Psychology Review, 34(3), 1567-1589. https://doi.org/10.1007/s10648-022-09687-2
Wibowo, H., & Amelia, R. (2020). Habituation methods in Islamic moral internalization: A family-based approach. Journal of Moral Education, 49(4), 478-495. https://doi.org/10.1080/03057240.2020.1784712
Zakaria, F., & Muslimah, A. (2023). Social media influence on Islamic moral education in urban families. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 26(5), 342-358. https://doi.org/10.1089/cyber.2022.0387
Zulkarnain, I., & Fitriani, D. (2018). Exemplary behavior (qudwah hasanah) in Islamic parenting: Theoretical and practical implications. Islamic Education Studies, 11(2), 67-84. https://doi.org/10.1080/13674676.2018.1493456