Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Pertiwi 42 Gayamsari Semarang

  • Ririn Linawati Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Rhisma Nur Anisha Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Didik Ardi Santoso Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya, anak mempunyai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi seperti kebutuhan akan stimulasi atau pendidikan. Pendidikan bagi anak sangatlah penting untuk menunjang mereka dalam memenuhi perannya dimasa depan.    Keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan terpenting bagi seorang anak, sehingga memenuhi kebutuhan pendidikana anak merupakan tugas utama keluarga. Namun, tidak semua keluarga dapat mengambil tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya. Masih belum lancarnya kondisi sosial ekonomi dan kebutuhan pemenuhan kebutuhan sehari-hari nampaknya turut mempengaruhi sulitnya pemenuhan kembutuhan anak. Dampak dari kondisi tersebut membuat anak menjadi pendiam atau pemalu yang berakibat pada interaksi sosial anak dilingkungan sekolah. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh ekonomi keluarga terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun dilingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di TK Pertiwi 42 Gayamsari dengan 2 subjek kakak beradik yang berada dikelompok A dan kelompok B. Waktu penelitian dilakukan pada akhir bulan november sampai awal bulan desember tahun 2023. Penelitian yang akan dilakukan peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan bahwa ekonomi keluarga memengaruhi interaksi sosial anak ketika berada dilingkungan sekolah yang menjadikan anak lebih pendiam dan sedikit berinteraksi dengan anak lainnya.

References

Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1
Batinah, Meiranny, A., & Arisanti, A. Z. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini: Literatur Review Factors Affecting Social Interaction In Early Childhood?: A Literature Review. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 9(1), 31–39.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age , 04(1), 181–190.
Fahri, M., & Qusyairi, H. (2019). Interaksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran. PALAPA?: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149–166. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1390
Hanum, N., & Safuridar. (2018). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Kesejahteraan Keluarga di Gampong Karang Anyar Kota Langsa. Samudra Ekonomi Dan Bisnis , 9(1), 42–49.
Herawati, T., Krinatuti, D., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213
Khadijah, K. & J. N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori Dan Strateginya. Medan Sunggal. Cv Merdeka Kreasi Group.
Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Muhammadiah, M., putri, N. K., Putri, H., Uce, L., & Machmudah. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Laely K. (2020). Ilmu Pendidikan Anak. Magelang. Unimma Press.
Mustajab, A. azam, & Indrawati Aristiyani. (2023). Dampak Status Ekonomi Pada Status Gizi Balita. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.52020/jkwgi.v7i2.5607
Nasdian, F. T. (2015). Sosiologi Umum. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182–186.
Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). Perkembangan Interaksi Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Congklak Pada anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125.
Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Share: Social Work Journal, 11(1), 74. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.33642
Published
2024-02-11
How to Cite
LINAWATI, Ririn; ANISHA, Rhisma Nur; SANTOSO, Didik Ardi. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Pertiwi 42 Gayamsari Semarang. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 24-28, feb. 2024. ISSN 2722-3094. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3124>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v5i1.3124.
Section
Articles