Dampak Perilaku Bullying dan Peran Penting Satuan PAUD dalam Upaya Pencegahan Bullying pada Anak Usia Dini

  • Sri Setiyo Rahayu Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Dea Pingkan Nugraeni Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Bullying bisa terjadi kepada siapa, kapan dan dimana saja, tidak terkecuali juga pada anak usia dini. Bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tak berdaya. Bullying dapat terjadi di satuan PAUD. Pelaku dan korban perundungan merupakan warga sekolah (guru, tenaga kependidikan dan anak). Perundungan dapat terjadi dari guru ke anak, dari tenaga kependidikan ke anak, atau dari anak ke anak. Pastinya tidak ada guru atau orang tua yang ingin murid atau anaknya menjadi korban bullying atau menjadi pelaku bullying itu sendiri. Riset ini bertujuan untuk mengetahui dampak perilaku bullying dan peran penting PAUD dalam upaya mencegah bullying pada anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan orang tua murid di satuan pendidikan anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan meliputi triangulasi sumber dan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak perilaku bullying bagi korban antara lain: a. terganggunya kesehatan fisik; b. terganggunya kesehatan mental dan c. terganggunya perkembangan anak, dampak perilaku bullying bagi pelaku: a. terganggunya perkembangan anak; b. kepribadian yang buruk; c. tidak disukai orang-orang di sekitarnya; d. kesejateraan di masa depan kurang baik. Sedangkan peran penting PAUD dalam upaya pencegahan bullying pada anak usia dini yaitu satuan PAUD dapat merancang program anti bullying seperti: a. mengintegrasikan program pencegahan perundungan dalam berbagai dokumen kebijakan di satuan PAUD, seperti mengintegrasikan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), program pelibatan keluarga, penyediaan sarana dan prasarana; b. Kegiatan pembelajaran di kelas hendaknya dapat mencegah perundungan, c. intervensi individu, d. bekerja sama dengan masyarakat luas

References

Aan Komariah dan Djam’an Satori. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Ambarini, R., Indrariani, E., & Zahraini, A. (2018). Antisipasi Pencegahan Bullying SediniMungkin: Program Anti Bullying Terintegrasi Untuk Anak Usia Dini. Journal of Dedicators Community, 2(2), 64–82. https://doi.org/10.34001/jdc.v2i2.587
Arumsari, Andini Dwi. (2017). Bullying pada Anak Usia Dini. Motoric, Vol. 1, No. 1.
Buku Saku Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini. Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020)
Mahriza, Rita, Meutia Rahmah, and Nani Endri Santi. 2020. Stop Bullying: Analisis Kesadaran Dan Tindakan Preventif Guru Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 891–99.
Moleong, J. L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, S. (2009). Program Psikoedukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Menangani Bullying. Tesis. Magister Profesi Psikologi Universitas Gadjah Mada Jogjakarta. Tidak Diterbitkan
Pencegahan Perundungan Pada Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini 2022
Ponny Retno Astuti (2008), meredam bullying 3 cara efektif mengatasi kekerasan pada anak , Jakarta: PT Grasindo
Rejeki, Sri. (2016). Pendidikan Psikologi Anak “Anti Bullying” pada Guru-Guru PAUD. Dimas, Vol. 16, no. 2, November 2016.
Sejiwa. 2008. Bullying Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak. jakarta.: Grasindo
Sugiono, S. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatid, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Wong, D., S. (2004). School Bullying and Tackling Strategies in Hong Kong. International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology, 48, 537-553.
Published
2023-10-31
How to Cite
RAHAYU, Sri Setiyo; NUGRAENI, Dea Pingkan. Dampak Perilaku Bullying dan Peran Penting Satuan PAUD dalam Upaya Pencegahan Bullying pada Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 145-152, oct. 2023. ISSN 2722-3094. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2928>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i3.2928.
Section
Articles