Pengaruh Permainan Balok Angka dan Motovasi Belajar Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak TK B Kecamatan Cepu Kabupaten Blora

  • Indri Saputri TK Taruna Cepu Blora
  • Agus Sutono Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Dini Rahmawati Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan kemampuan berhitung anak TK masih rendah. Permainan balok angka dan motivasi belajar adalah faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan berhitung anak TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua siswa TK Kelompok B di Dabin I Kecamatan Cepu Kabupaten Blora berjumlah 167 anak dan sampel penelitian 127 anak. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh permainan balok angka terhadap kemampuan berhitung anak TK yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 30,652 + 0,460X1 dengan kontribusi sebesar 25,4%; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berhitung anak TK yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 18,196 + 1,071X2 dengan kontribusi sebesar 61,2%; dan (3) terdapat pengaruh permainan balok angka dan motivasi belajar terhadap kemampuan berhitung anak TK yang dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Y = 11,715 + 0,155X1 + 0,961X2 dengan kontribusi sebesar 62,8%. Saran dari peneliti adalah : (1) Dinas pendidikan  membuat kebijakan yang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak; (2) Kepala sekolah membuat kebijakan pengadaan media pembelajaran pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran; dan (3) Guru selalu membuat langkah-langkah alternatif dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa

References

A.Karim, Muchtar, dkk. 1996. Buku Pendidikan Matematika I. Malang : Depdikbud.
Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda
Adams, D.M. 1975. Simulation Games: An Approach to Learning. Ohio: Jones Publishing
Ali, M & Asrori, M. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Amstrong, Thomas. 2009. Multiple Intelligences in the Classroom 3rd edition. ASCD: Alexandria, Virginia, Amerika Serikat.
Anita Yus. 2005. Penilaian Belajar Anak Taman Kanak–Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. 15. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 1991. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Badru Zaman, Asep Hery Hernawan dan Cucu Eliyawati. 2007. Media dan Sumber. Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Bahruddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Charner, Kathy. 2009. Buku Pintar PAUD Belajar Angka. Jakarta : Erlangga
Clements & Battista. 2003. Geometry and Spatial Reasoning. New York : Mac Milan Publisher
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Djamarah. 2008. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh. 2014. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: Redaksi Refika Aditama
Fatmawati, N., (2014), Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Mathematic Education, JPUD –Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (2), 325-336.
Frank, A. R. 1989. Counting Skills-A Foundation For Early Mathematics. National Council of Teacher of Mathematics, 37 (1), 14-17
Gandana, Gilar. 2015. Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Kaulinan Barudak”. Jakarta : Universitas Pendidikan Indonesia
Hainstock, E. G. 2002. Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delaprasta
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara
Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Irawati, R. M. 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Memancing Angka Ditaman Kanak-kanak Sangrina Bunda Pasar Tiku. Jurnal Pesona PAUD 1 (3) .
Ismail, Andang. 2009. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan. Permainan Edukatif. Yogyakarta : Pilar Media.
Istirani, dan Intan Pulungan.2017. Enslikopedia Pendidikan Jilid I. Medan: Media Persada
Jackman Hilda L. 2009. Early Education Curriculum A. Child's Connection to. The Word. Amerika: Delmar
Jordan, N. C., Kaplan, D., Nabors Oláh, L., & Locuniak, M. N. 2006. Number Sense Growth in Kindergarten: A Longitudinal Investigation of Children at Risk for Mathematics Difficulties. Child Development, 77(1), 153-175.
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan : IKAPI.
Krogh, S. L., & Slentz, K. L. 2001. The Early Childhood Curriculum. New. Jersey and London: Lawrence Erlbaum Associates
Kusmayadi, Ismai. 2011. Membongkar Kecerdasan Anak (Mendeteksi Bakat dan Potensi Anak Sejak Dini). Jakarta : Gudang Ilmu
L, Essa Eva. 2001. Introduction to Early Childhood Education 6th Edition. Canada: Wadsworth
Maiyuli, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Domino Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Agam.
Masitoh, dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Mayke Sugianto. 1995. Bermain, Mainan Dan Permainan. Jakarta. : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Meggitt, Carolyn. 2013. Memahami Perkembangan Anak. Jakarta: PT Indeks
Milfayetty, Sri, dkk. 2015. Psikologi Pendidikan. Medan: Pascasarjana Unimed.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.
National Research Council. 2008. Inquiry and The National Science Education Standards: A Guide for Teaching and Learning. USA: National Academy of Sciences.
Peraturan Kemendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Raghubar, K. P, & Barnes, M. A. 2016. Early numeracy skill in preschool-aged children: a review of neurocognitive findings and implication for assessment and intervention. The Clinical Neuropsychologist, 31(2), 32-391. http://doi:10.1080/13854046.2016.1259387
Rasiman Wijarnako. 2005. Matematika Pertamaku Mengasah Kecerdasan Matematis Logis Anak Sejak Usia Dini. Jakarta : Dipa Pustaka
Reid, R. Dan dan Sanders, Nada R. 2013. Operations Management: An Integrated Approach, Fifth Edition. John Wiley and Sons Singapore Pte. Ltd, Inc.
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Prenada Media
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo
Semiawan, Conny. R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi
Sriningsih, N. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. Ke V. Bandung : Alfa Beta
Sugiyono. 2009. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Edisi ke VIII. Bandung : Alfabeta
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika. Aditama.
Suryadi dan Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Suryadi dan Maulidya Ulfah. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Suryana, Dadan. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek. Perkembangan Anak). Jakarta: Kencana.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia.
Sutarman, Maman dan Asih. 2016. Manajemen Pendidikan Usia Dini. Bandung : Pustaka Setia
Suyadi & Dahlia. 2014. Implementasi Kurikulum Paud 2013 Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : Pedagogia.
Suyanto, S. 2008. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Tanzeh, Ahmad. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Teras
Winkel.WS. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Yulianty, Rani. 2009. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Aksara
Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana
Yusuf, Syamsu. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rajawali Pers
Published
2023-10-15
How to Cite
SAPUTRI, Indri; SUTONO, Agus; RAHMAWATI, Dini. Pengaruh Permainan Balok Angka dan Motovasi Belajar Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak TK B Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 132-144, oct. 2023. ISSN 2722-3094. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2919>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i3.2919.
Section
Articles