Keterlibatan Paguyuban Orangtua Murid dan Guru (POMG) sebagai Upaya untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
Abstract
Keterlibatan orangtua penting untuk mendukung tumbuh kembang anak, karena orang tua adalah pendidik utama bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keterlibatan paguyuban orang tua murid dan guru dalam pendidikan anak sebagai upaya untuk mendukung tumbuh kembang anak di satuan PAUD. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua murid di satuan pendidikan anak usia dini yang memiliki anak usia tiga hingga enam tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan meliputi triangulasi sumber dan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan paguyuban orang tua murid dan Guru (POMG) di satuan PAUD yaitu Parenting education, keterlibatan orang tua murid dalam kegiatan pendidikan dalam parenting; Communicating (Komunikasi), keterlibatan orang tua berkomunikasi dua arah antara rumah dan sekolah atau sebaliknya, Volunteering (Sukarelawan) keterlibatan orang tua murid dalam kegiatan sukarelawan berupa bantuan dan dukungan orang tua langsung pada kegiatan outing class (kegiatan pembelajaran di luar kelas), menata setting kelas yang menarik dan merancang kegiatan akhirussanah atau pentas di akhir tahun ajaran, keterlibatan orang tua murid dalam pembelajaran di rumah seperti kegiatan membantu anak belajar di rumah berdasarkan kegiatan yang terdapat di sekolah, seperti membantu anak mengerjakan tugas di rumah, membacakan buku cerita yang mendidik bagi anak, keterlibatan orang tua murid dalam membuat keputusan di sekolah yaitu seperti kegiatan organisasi orang tua dan komite, serta keterlibatan orang tua murid dalam kegiatan yang menghubungkan orang tua, guru, murid dan masyarakat untuk merencanakan bersamasama kegiatan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas sekolah, seperti dalam layanan kesehatan puskesmas setempat.
References
Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253
Carol Mutch and Sandra Collins. Partners in Learning: Schools’ Engagement With Parents, Families, and Communities in New Zealand. School Community Journal, 2012, Vol. 22, No. 1, 168
Dey Putri, L. A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 715. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438
Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161
Dikbud. (2016). Kemitraan satuan pendidikan anak usia dini (paud) dengan keluarga dan masyarakat. Jakarta: Dikbud.
Elyana, L. 2020. Manjemen Parenting Class Melalui E-Learning. Sentra Cendekia. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1191
Moleong, J. L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhadi, M. (2012). Pendidikan kedewasaan dalam perspektif islam. Yogyakarta: Deepublish.
Oktavianingsih, E. (2018). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care & Education, 1(2), 1–15.
Pramana, L. (2016). Peran Paguyuban Orang Tua Siswa dalam Pengembangan Sekolah Melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar. Diunduh 29 Novmber 2019 dari situs World Wide Web
Sugiono, S. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatid, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Silalahi, R., Yanzi, H., & Nurmalisa, Y. (2016). Peranan Punguan Parsahutaon dalam Pelestarian Sistem Kekerabatan pada Masyarakat Batak Perantau. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(2).
Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181-202
Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20–28.