Peningkatan Kesadaran Diri Pada Makanan Bergizi Melalui Metode “Isi Piringku” Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI Payungan Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang

  • Irna Anjarsari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Peni Listyaningsih Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Ririn Linawati Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Radeni Sukma Indra Dewi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Anak-anak di TK PGRI Payungan mengalami kesulitan untuk membedakan atau menggelompokkan jenis makanan pokok dan lauk pauk, kurangnya kesadaran anak untuk mengomsumsi sayur atau lauk pauk yang sehat saat membawa bekal, dan anak jarang menghabiskan sayur atau buah yang tersedia saat makan bersama. Metode “Isi Piringku” merupakan kegiatan yang dilakukan dengan bermain yang menggunakan media dari piring plastik yang aman untuk anak dan divisualkan secara menarik dengan warna. Tujuan penilitian ini adalah meningkatkan kesadaran diri pada makanan bergizi dengan menggunakan metode “isi piringku” pada anak usia 4-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kolaboratif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dengan kepala sekolah, teman sejawat dan wali murid, observasi kesadaran diri anak pada makanan bergizi dan dokumentasi. Data Siklus I hanya mencapai 40 % dari kriteria indikator keberhasilan 75%. Data Siklus II telah mencapai keberhasilan 75% dari 20 anak. Penelitian tindakan kolaboratif ini mampu untuk meningkatkan kesadaran diri anak pada makanan sehat yang dilakukan dengan metode “isi piringku” dimana anak dengan tanpa dipaksa untuk mengkonsumsi dan mampu menyebutkan makanan sehat tersebut.

References

Ali Khomsan. 2010. Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Departemen Gizi & Kesehatan Masyarakat. 2011. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Fida dan Maya, 2012. Pengantar ilmu Kesehatan Anak. Jogyakarta : D-Medika
Moleong. Lexi J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurul Chomaria. 2015. Panduan Terlengkap Tumbuh Kembang anak Usia 0-5 Tahun. Surakarta: Cinta Menebar Cinta Menuai Hikmah.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2014. Jakarta: Menteri Kesehatan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Purnama, Sigit dkk. 2020. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Proverawati Atika dan Kusuma Erna. 2011. Ilmu Gizi Keperawatan dan Gizi Kesehatan. Yogyakarta: NUH Medika
Siahaya, Alisye dkk. 2021. Edukasi”isi pringku” terhadap pengetahuan dan perilaku pada ibu balita stunting di Maluku. Universitas Muhammadiyah Jakarta: Jurnal penelitian kesehatan Suara Forikes. Volume 12. Hal. 199-202
Siswanto, Hadi. 2010. Pendidikan Kesehatan Anak Usia Dini.Yogyakarta:Pustaka Rihama
Warsito, Heri, dkk. 2015. Ilmu Bahan Makanan Dasar. Yogyakarta: Nuha Medika
Wiyani, Novan A. 2013. Bina karakter Anak Usia dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wiwi Sartika, dan Mitayani. 2013. Buku Saku ilmu Gizi. Jakarta:CV. Trans Info Media.
Wulandari, Dewi dan Meira Erawati.2016. Buku Ajara Keperawatan Anak. Pustaka Pelajar
Published
2021-07-30
How to Cite
ANJARSARI, Irna et al. Peningkatan Kesadaran Diri Pada Makanan Bergizi Melalui Metode “Isi Piringku” Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI Payungan Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 56-62, july 2021. ISSN 2722-3094. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1765>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i2.1765.
Section
Articles