Improving Interpersonal Intelligence Through Hompimpa Games in Children at 4 – 5 Years Old at Annida Ya Fatimah Kindergarten Tayu Pati
Abstract
Tujuan penelitian ini mendiskripsikan peningkatan kecerdasan interpersonal anak melalui permainan hom pim pa di TK Annida Ya Fatimah Tayu Pati. Adapunpendekatan yang diterapkandalampenelitianiniadalahpendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, hal ini disesuaikan dengan tujuan pokok penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mediskripsikan dan menganalisa peningkatan kecerdasan interpersonal anak melalui permainan hom pim pa. Subyek penelitian adalah seluruh peserta didik TK Annida Ya Fatimah Tayu Pati dengan jumlah 18 anak, yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan permainan hom pim pa dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak 89 %, peningkatan ini melampaui standar keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80%. Peningkatan keberhasilan kecerdasan interpersonal anak tersebut didasarkan pada hasil penelitian siklus I dan siklus II dengan indicator capaian peserta didik (1) sikap mampu bekerjasama dengan teman (2) sikap mampu berinteraksi dalam bermain (3) sikap mampu beradaptasi dengan teman berbeda kelompok (4) sikap mampu menyelesaikan pekerjaan bersama teman – temannya.
References
Eberle, S. 2011. Bermain dengan kecerdasan ganda bagaimana permainan membantu mereka tumbuh. Jurnal amerika, 4(1), 19-51. Elyana, L. 2020. Manajemen Parenting Class Melalui Media E-Learning. Sentra Cendekia, 1(1), 29-35. Elyana, L., Utanto, Y., Widhanarto, G. P., & Maretta, Y. A. 2018. Analysis of parent’s discriminant partnership in the success of implementation of good school governance. In MATEC Web of Conferences (Vol. 205, p. 00012). EDP Sciences.
Emolu , E. 2014. Bermain, mainan dan sosialisasi gender . Jurnal Pendidikan Plus , 11(2), 22-30.
Gardner, Howard. 1993. Frames Of Mind: The Theory of Multiple Intelligence. New York: Basic Books
Jamaris , M. & Edwita . 2014. Instrumen penilaian kecerdasan ganda formal untuk anak usia 4-6 tahun. Amerika Journal of Pendidikan Penelitian , 2 (12), 1167-1174.
May Lwin.et al. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: PT INDEKS.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo
Papalia, DE & Feldman, RD.2014. Menyelami perkembangan manusia (edisike12). Jakarta: Salemba Humanika
Safaria, T. 2005. Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogjakarta: Amara Books.
Seriati , NN & Hayati , N. 2010. Permainan tradisional jawa gerak Dan lagu untuk review menstimulasi keterampilan sosial Anak Usia Dini