Mengenal Geometri Melalui Permainan Lompat Geometri Di Kelompok Bermain Miftahul Hidayah Demak

  • Siti Solichah Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Marini Marini Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Muhammad Sukiram Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Maria Denok Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Peningkatan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun bergantung pada pembelajaran dan pembiasaan, cara mengajar di sekolah dan ragam alat pembelajaran yang digunakan juga sangat berpengaruh untuk keberhasilan peningkatan kognitif anak. Fakta yang tejadi di Kelompok Belajar Miftahul Hidayah Demak permasalahannya adalah kurangnya stimulasi perkembangan kognitif anak khususnya dalam mengenal bentuk geometri inilah yang di angkat pada penelitian ini. Maka metode PTK yang digunakan sebagai cara untuk mengurangi permasalahan yang ada. Subjek penelitian adalah 15 anak usia 3-4 tahun yang belajar di Kelompok Bermain Miftahul Hidayah Demak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kemampuan mengenal geometri mampu terstimulasi dengan baik dari proses belajar dengan menggunakan permainan lompat geometri. Hasil ini terlihat setelah proses PTK terlaksana mulai dari proses pra siklus, siklus I sampai siklus II

References

Agustiningrum, M. D. B., Sayekti, S., Hardiyanti, D., Handayani, D. A. K., & Redjeki, S. (2021). Tari Nawung Sekar: Kemampuan Sosial Anak Digital Natives di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1943-1950.
Afiyah, Z. (2017). Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Melalui Bhentik di TK Cempaka Mulya Sarimulya Kebonagung Demak. Semarang: Universitas Ivet.
Epstein, J. L. (2010). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Boulder, CO, USA: Westview Press.
Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools (2nd ed.). Philadelphia, PA: Westview Press.
Elyana, Luluk. "Manajemen Parenting Class Melalui Media E-Learning." Sentra Cendekia 1.1 (2020): 29-35.
Murgiyati, T., Agustiningrum, M. D. B., & Anjarsari, I. (2020). Penggunaan Media APEMM SS BabeSeta dalam Pengenalan Konsep Dasar Matematika Awal pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Putra Champion Karangdowo Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten. Sentra Cendekia, 1(2), 64-70.
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan" Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.
Slamet Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Published
2021-03-18
How to Cite
SOLICHAH, Siti et al. Mengenal Geometri Melalui Permainan Lompat Geometri Di Kelompok Bermain Miftahul Hidayah Demak. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 12-20, mar. 2021. ISSN 2722-3094. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1617>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i1.1617.
Section
Articles