Optimalisasi Kemampuan Bahasa Arab Anak Melalui Permainan Tebak Kata Huruf Hijaiyah Bagi Siswa Kelas A Di TK ABA 02 Kebumen Sukorejo

  • Amanda Yuliana Vala Santosa PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Dwi Asih Kumala Handayani Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Hanifatun Nisak PJJ PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa permainan tebak kata huruf hijaiyah dan langkah-langkahnya dapat mengoptimalkan kemampuan bahasa anak. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan satu variabel yakni kemampuan bahasa anak. Objek penelitian adalah 17 siswa kelas A TK ABA 02 Kebumen Sukorejo Tahun Pelajaran 2023/2024. Analisis dilakukan dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas serta rerata hitung hasil. Hasil penelitian (1) permainan tebak kata huruf hijaiyah dapat mengoptimalkan kemampuan berbahasa Arab, penelitian ini telah mencapai keberhasil dengan pencapaian ketuntasan sebanyak 15 siswa dengan kategori Muncul Sangat Baik (MSB) dan Muncul Sesuai Harapan (MSH) dengan persentase sebesar 88,23%; (2) Langkah-langkah dalam penerapan permainan tebak kata huruf hijaiyah mengoptimalkan kemampuan bahasa anak melalui serangkaian proses tindakan awal, tindakan inti, pengambilan hasil, evaluasi serta refleksi hasil pada siklus I maupun II.

Published
2024-07-30
How to Cite
SANTOSA, Amanda Yuliana Vala; HANDAYANI, Dwi Asih Kumala; NISAK, Hanifatun. Optimalisasi Kemampuan Bahasa Arab Anak Melalui Permainan Tebak Kata Huruf Hijaiyah Bagi Siswa Kelas A Di TK ABA 02 Kebumen Sukorejo. Journal of Research and Development Early Childhood, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7-12, july 2024. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/JELYC/article/view/3524>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles