Optimalisasi Kemampuan Bahasa Arab Anak Melalui Permainan Tebak Kata Huruf Hijaiyah Bagi Siswa Kelas A Di TK ABA 02 Kebumen Sukorejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa permainan tebak kata huruf hijaiyah dan langkah-langkahnya dapat mengoptimalkan kemampuan bahasa anak. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan satu variabel yakni kemampuan bahasa anak. Objek penelitian adalah 17 siswa kelas A TK ABA 02 Kebumen Sukorejo Tahun Pelajaran 2023/2024. Analisis dilakukan dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas serta rerata hitung hasil. Hasil penelitian (1) permainan tebak kata huruf hijaiyah dapat mengoptimalkan kemampuan berbahasa Arab, penelitian ini telah mencapai keberhasil dengan pencapaian ketuntasan sebanyak 15 siswa dengan kategori Muncul Sangat Baik (MSB) dan Muncul Sesuai Harapan (MSH) dengan persentase sebesar 88,23%; (2) Langkah-langkah dalam penerapan permainan tebak kata huruf hijaiyah mengoptimalkan kemampuan bahasa anak melalui serangkaian proses tindakan awal, tindakan inti, pengambilan hasil, evaluasi serta refleksi hasil pada siklus I maupun II.