Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Bermain Loose Part Berbahan Dasar Plastik Di TK Pertiwi Cukilan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan metode bermain loose part dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Cukilan. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model PTK Kurt Lewin Subjek penelitian ini adalah peserta didik dari siswa yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 15 perempuan dan 5 laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa bermain loose part dapat meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di TK Pertiwi Cukilan. Hal ini sesuai dengan pencapaian yang diharapkan oleh penulis pada setiap aspek yang dikembangkan pada meningkatkan Kemampuan Motorik Halus anak dengan metode bermain loose part. Hasil pencapaian penerapan pada siklus I meningkatkan Kemampuan Motorik Halus anak melalui metode observasi dan wawancara dengan bermain loose part berbahan dasar plastik persentasenya yaitu 63,75% dalam kategori BSB dan BSH. Hal tersebut belum mencapai sesuai harapan peneliti untuk mencapai 75%. Hasil siklus II persentasenya yaitu 86,25 % dalam kategori BSB dan BSH. Hal tersebut telah mencapai sesuai harapan peneliti untuk mencapai 75%.