Peningkatan Kemampuan Bahasa Verbal Melalui Metode Role Playing Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di POS PAUD Sejahtera Bandung Kota Tegal
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan metode role playing dalam meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak usia 4-5 tahun di POS PAUD Sejahtera Bandung Kota Tegal. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan terutama proses dan hasil belajar Peserta didik pada level kelas. Kelas merupakan tempat Pendidik melakukan penelitian, dengan dimungkinkan mereka tetap bekerja sebagai Pendidik di tempat kerjanya. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Kemmis dan Taggart yang merupakan pengembangan dari model Kurt Lewin yang mencakup beberapa siklus dan pada masing-masing siklus meliputi tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian tindakan yang peneliti lakukan ini mengambil lokasi di POS PAUD Sejahtera Bandung Kota Tegal. Subyek dalam penelitian ini anak adalah anak-anak usia 4-5 tahun di POS PAUD Sejahtera Bandung Kota Tegal sejumlah 15 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 anak perempuan. Mengacu pada rumusan masalah yang dipecahkan melalui hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Anak yang mencapai kriteria tuntas yaitu BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan BSB (Berkembang Sangat Baik) pada Pra Siklus sejumlah 2 anak atau sebesar 13%, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 6 anak atau sebesar 40%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 9 anak atau sebesar 60%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 12 anak atau sebesar 80%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 13 anak atau sebesar 87%. 2) Kinerja Guru pada Pra Siklus sebesar 54 poin atau sebesar 68%, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sebesar 56 poin atau sebesar 70%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sebesar 61 poin atau sebesar 76%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sebesar 64 poin atau sebesar 80%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sebesar 69 poin atau sebesar 86%.