Meningkatkan Bahasa Verbal Melalui Metode Role Play Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pertiwi Sidomukti Pati

  • Ananda Endah Pujianti PJJ PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Rhisma Nur Anisha Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan metode role playing dalam meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Sidomukti Pati. Penelitian  menggunakan Penelitian tindakan kelas dengan Model model penelitian Kemmis dan Taggart yang. Penelitian tindakan yang peneliti lakukan ini mengambil lokasi di TK Pertiwi Sidomukti Pati. Subyek dalam penelitian ini anak adalah anak-anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Sidomukti Pati sejumlah 15 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 anak perempuan. Pada Pra Siklus sejumlah 2 anak atau sebesar 13%, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 6 anak atau sebesar 40%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 9 anak atau sebesar 60%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 12 anak atau sebesar 80%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 13 anak atau sebesar 87%. 2) Kinerja Guru pada Pra Siklus sebesar 54 poin atau sebesar 68%, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sebesar 56 poin atau sebesar 70%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sebesar 61 poin atau sebesar 76%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sebesar 64 poin atau sebesar 80%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sebesar 69 poin atau sebesar 86%.

Published
2023-12-31
How to Cite
PUJIANTI, Ananda Endah; ANISHA, Rhisma Nur. Meningkatkan Bahasa Verbal Melalui Metode Role Play Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pertiwi Sidomukti Pati. Journal of Research and Development Early Childhood, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 42-50, dec. 2023. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/JELYC/article/view/2953>. Date accessed: 05 july 2025.
Section
Articles