Meningkatkan Bahasa Verbal Melalui Metode Role Play Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pertiwi Sidomukti Pati
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan metode role playing dalam meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Sidomukti Pati. Penelitian menggunakan Penelitian tindakan kelas dengan Model model penelitian Kemmis dan Taggart yang. Penelitian tindakan yang peneliti lakukan ini mengambil lokasi di TK Pertiwi Sidomukti Pati. Subyek dalam penelitian ini anak adalah anak-anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Sidomukti Pati sejumlah 15 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 anak perempuan. Pada Pra Siklus sejumlah 2 anak atau sebesar 13%, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 6 anak atau sebesar 40%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 9 anak atau sebesar 60%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 12 anak atau sebesar 80%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 13 anak atau sebesar 87%. 2) Kinerja Guru pada Pra Siklus sebesar 54 poin atau sebesar 68%, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sebesar 56 poin atau sebesar 70%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sebesar 61 poin atau sebesar 76%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sebesar 64 poin atau sebesar 80%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sebesar 69 poin atau sebesar 86%.