PERAN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR KELAS XI TBSM SMK MIFTAHUSSA’ADAH
Abstract
Pada SMK Miftahussaadah ini, peran pendidik untuk meningkatkan pendidikan suatu bangsa. Pendidik dan siswa merupakan peran yang sangat penting dalam mencapai suatu keberhasilan pendidikan. Proses suatu pembelajaran antara Pendidik dan siswa harus terjalin komunikasi yang baik. Seperti halnya dalam metode pembelajaran yang digunakan hendaknya dapat membangkitkan semangat siswa tanpa mengesampingkan penguasaan dan pemahaman materi yang disampaikan. Suatu pembelajaran bukanlah sekedar menyerap informasi dari Pendidik, tetapi juga melibatkan berbagai kegiatan dan proses belajar yang harus dilakukan untuk mendapatkan mutu pendidikan yang berkualitas. Pembelajaran tersebut pada dasarnya adalah untuk mengembangkan kreativias dan minat siswa melalui bermacam-macam teknik dan interaksi serta pengalaman belajar. Faktor psikologis yang turut menentukan keberhasilan proses pendidikan adalah minat belajar siswa.
Dari hasil tersebut peran pendidik dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TBSM SMK Miftahussaadah dengan melakukan beberapa upaya seperti (1) menggunakan metode belajar yang bervariasi (2) memberikan motivasi (3) penggunaan aplikasi yang bervariasi (4) pemberian tugas rumah (5) memperlihatkan hasil belajar peserta didik dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI TBSM SMK Miftahussaadah wirosari grobogan yaitu pada saat pembelajaran tatap muka sangat bagus dan respon mereka juga bagus. Namun, selama proses pembelajaran dilaksanakan secara daring (online) tidak sama ketika melakukan pembelajaran secara tatap muka. Dapat dilihat dari segi peningkatan dari segi peningkatan minat siswa saat belajar daring terbatas dengan jangkauan saat online bisa dibilang rendah dikarenakan terkendala oleh jaringan.
References
[2] Asep Kurniawan, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018), h.36.
[3] Dewi, A. A. (2017). Guru mata tombak pendidikan. CV Jejak (Jejak Publisher).
[4] Dian, W. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
[5] Hidi, S. (2006). Interest: A Unique Motivational Variable. Educational Research Review , 1, 69-82.
[6] Isaacson, L. E. & Brown, D. (1997).Career Information, Career Counseling, and Career Development 6th ed. USA: Allyn & Bacon
[7] KhanzaSavitra(https://dosenpsikologi.com/peran guru-dalam-proses-pembelajaran)
[8] Krapp, A., Hidi, S., & Renninger, K. A. (1992). Interest, Learning, and Development. In A. Renninger, S. Hidi, & A. Krapp (Eds). The Role of Interest in Learning and Development , 3-25.
[9] Lin, S.-H., & Huang, Y.-C. (2016). Examining Charisma in Relation to Students Interest in Learning. Active Learning in Higher Education , 17 (2), 139-151.
[10] Marwa, M., Munirah, M., Angriani, A. D., Suharti, S., Sriyanti, A., & Rosdiana, R. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna. v7i2a10.2020
[11] Moelong, J. (2005). Lexy, 2010, Metode Penelitian Kualitatif, Ed. Rev, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
[12] Moh. Suardi. 2018. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
[13] Nufus, sri hayatun. (2020). PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH BANDA ACEH. 1–82. https://repository.ar raniry.ac.id/id/eprint/13551/1/Sri Hayatun Nufus%2C 160211002%2C FTK%2C PTE%2C 082361422345.pdf
[14] Ristiyanto, M. Y., Suwignyo, J., & Ariwibowo, B. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI SISTEM REM HIDROLIK TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SISWA KELAS XI SMK AT-THOAT TOROH. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 4(1), 176-189.