PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PERAWATAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO M3 125
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar praktik perawatan sistem trasmisi otomatis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Sepeda Motor Yamaha Mio M3 125 Pada Siswa Kelas XI TBSM 3 SMK Islamiyah Sapugarut (2) peningkatan kinerja guru dalam menerapkan metode problem based learning dengan medio sepeda motor mio M3 125. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru PSSM sedangkan objek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI TBSM 3 SMK islamiyah sapugarut. Penelitian ini dilakukan dengan siklus, teknik pengumpulan data melalui tes observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini adalah Model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar praktik siswa pada materi sistem transmisi otomatis pada siswa kelas XI TBSM 3 SMK Islamiyah Sapugarut. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya hasil belajar praktik yang diperoleh siswa yaitu meningkatnya nilai siswa yang tuntas mengalami peningkatan yang dimana pada kondisi awal siswa yang tuntas baru 21% dengan rata-rata 67,9. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 61% dengan nilai rata-rata 78,6. Namun hasil siklus I belum mencapai indikator ketuntasan KKM yang diharapkan sehingga dilanjutkan tindakan siklus II. Pada hasil siklus II mengalami peningkatan kembali yang dimana pada saat siklus I persentase siswa yang tuntas adalah 61% kemudian pada siklus II dapat mencapai 91% artinya sudah mencapai indikator KKM >75% yang telah ditetapkan dengan nilai rata-ratanya 85,6, nilai tersebut juga sudah mencapai indikator KKM = 81, dengan demikian sudah terbukti hipotesis model pembelajara problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar praktik siswa.
References
[2] Ni Made Rismayani, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menulis Aksara Bali Sesuai Aturan Penggunaan Pengangge Tengenan Pada Siswa Kelas XI A UPW SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2020/2021” 2020
[3] Rahmaniah “penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar materi mujahadah an-nafs, husnuzhan dan ukhuwwah kelas X SMK Miftahussalam” 2022
[4] Eko Nurbianto “Implementasi problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI jurusan TKR SMK Negeri 2 Yogyakarta” 2019
[5] Budi Susilo, Pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI. Magelang: Liniswara, 2022
[6] Rayandra Asyhar, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: 2012
[7] Conny R. Semiawan, Pendidikan Tinggi-Peningkatan Manusia Sepanjang, 1999