KELAYAKAN FASILITAS BENGKEL OTOMOTIF TKRO (TEKNIK KENDARAAN RINGAN DAN OTOMOTIF) DI SMK NEGERI 4 KENDAL
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan menyiapkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan yang sesuai dengan jurusan keahliannya, dan segala persyaratan dunia industri dan dunia kerja. SMK Negeri 4 Kendal sebagai salah satu sekolah yang mempunyai program keahlian teknik kendaraan ringan dan otomotif, khusunya yang bergerak di bidang otomotif yang semestinya harus menyiapkan fasilitas bengkel yang memenuhi standar nasional. Proses kegiatan belajar mengajar atau kbm yang terjadi di SMK Negeri 4 Kendal berkisar antara 30% teori dan 70% praktik. Sehinga dengan demikian kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai untuk praktik dan bahan mengajar sangat tinggi, sehingga kebutuhan sarana dan prasarana di sekolah perlu diketahui. Sehingga diadakan analisis kelayakan fasilitas bengkel otomotif untuk mengatasi kebutuhan praktik siswa. Hasil Penelitian : 1). Ruang kerja mesin otomotif, dengan ketentuan luas minimum sebesar 96 m2 untuk kapasitas 16 peserta didik presentase kualitas sebesar 80 % berkategori berkualitas. 2). Ruang kerja kelistrikan, dengan ketentuan luas minimum sebesar 48 m2 presentase kualitasnya sebesar 75 % berkategori cukup berkualitas. 3). Area kerja Chasis dan Pemindah Tenaga, dengan ketentuan luas minimum sebesar 64 m2 dengan presentase kualiatas sebesar 75 % berkategori cukup berkualitas. 4). Ruang penyimpanan dan instruktur, dengan ketentuan luas minimum sebesar 48 m2 menghasilkan presentase 80% dengan kategori berkualitas. 5). Ruang guru, luas area minimum sebesar 200 ????2 dengan jumlah guru 8 orang menghasilkan presentase 80% dalam kategori berkualitas. 6). Ruang kelas pembelajaran, hasil penelitian menunjukan bahwa luas area bangunan kelas 143 ????2 dengan presentase 80% berkategori berkualitas 7). Tempat beribadah ( mushola ), hasil penelitian menunjukan bahwa luas area bangunan 87 ????2 masuk pada presentase 80% dengan kategori berkualitas.
References
[2] Alfaruq, S. M., Achmad, N., & Mahendra, S. (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana Bengkel Terhadap Hasil Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Vokasional dan Teknologi Otomotif. Vol 1. No. 1. Hal 31.
[3] Edy, F. W. M. (2015). Kelayakan Fasilitas Bengkel Permesinan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
[4] Hendrawan, D. 2018. (2018). Analisis Manajemen Bengkel Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma'arif 1 Wates. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
[5] Huda, T. N. (2016). Pengaruh Kelengkapan Peralatan Praktik Bengkel Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kenderaan Ringan Kelas XI Jurusan Teknik Kenderaan Ringan. Skripsi. Yokyakarta: Universitas Negeri Yokyakarta.
[6] Kandari, W. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelakaran di SMK Negeri 1 Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan. Skripsi. Manado : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam ( IAIN ) Manado.
[7] Munah, F. L. (2016). Identifikasi Kelayakan Fasilitas Bengkel Permesinan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
[8] Nababan, R. M. 2020. (2020). Studi Kesesuaian Ruangan Laboratorium Komputer Desain Permodelan Informasi dan Bangunan SMK Negeri 1 Sumedang.
[9] Nasional, M. P. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan ( SMK/MAK ). Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional.
[10] Nugroho, S. A. (2014). Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Bengkel Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
[11] Partono, Sholah agus, C. agus. (2021). Studi Tentang Keberadaan Sarana dan Prasarana Bengkel Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 2 Pasuruan. Jurnal Teknik Otomotif. Vol 1 nomor 1, Hal 59.
[12] Sari, B. (2021). Studi Kelayakan Sarana Dan Prasarana Ruang Praktik Bidang Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Swasta Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Skripsi. Banda Aceh : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar - Raniry Darussalam Banda Aceh.
[13] Susanti, 2018. (2018). Studi Eksplorasi Sarana dan Prasarana Pada Program Keahlian Teknik Perbaikan Bodi Otomotif di SMK N 8 Bandung.