PENGGUNAAN VIRTUAL ENGINE ROOM DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PELAYARAN

  • DIAN PANGESTI PRODI PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN

Abstract

perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendorong semakin banyak inovasi pemanfaatan hasil teknologi dalam pembelajaran. mengecualikan kemungkinan bahwa alat-alat ini diperbarui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan virtual engine room simulator dan motivasi belajar terhadap pembelajaran mesin penggerak mula siswa teknik kelautan komersial SMK Baruna Putra Petarukan kelas XI. Dalam karya ini digunakan jenis penelitian eksplorasi korelasional yang mempelajari siswa kelas XI Teknika kapal niaga SMK Baruna Putra Petarukan yang berjumlah 14 siswa,  14 diantaranya adalah siswa laki-laki. Dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, dan instrumen validasi ahli digunakan sebagai bahan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan simulator virtual engine room dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar  siswa kelas XI teknika  Kapal niaga SMK Baruna Putra Petarukan.


 

Published
2023-12-20
How to Cite
PANGESTI, DIAN. PENGGUNAAN VIRTUAL ENGINE ROOM DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PELAYARAN. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 359-366, dec. 2023. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2870>. Date accessed: 05 july 2025.