PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN KOMPONEN KELISTRIKAN BODI BERSTANDAR SKKNI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

  • Dhefrizal Misbakhul Habib Universitas Ivet
  • Fuad Abdillah Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia
  • M. Habiburrohman Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia

Abstract

Peserta didik diharapkan mampu untuk membaca dan menggunakan informasi teknis yang berkaitan dengan servis dan memperbaiki sistem kelistrikan bodi control electronic body kendaraan, namun pada kenyataannya peserta didik kesulitan dalam membaca informasi teknis tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil siswa setelah penerapan model Problem Based Learning sebagai pembelajaran pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan bodi Kelas XI TKRO 1 SMK Muhammadiyah Randublatung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TKRO 1 SMK Muhammadiyah Randublatung  yang berjumlah 30  peserta didik, terdiri dari 27 peserta didik laki-laki dan 3 peserta didik perempuan . Pembelajaran di lakukan dengan 2 siklus selama 4 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan tindakan,pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Alat Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil belajar siswa pada siklus I meningkat yaitu sebanyak 22 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 93, tes di lanjutkan kembali pada siklus II dengan sedikit perbaikan di dapat kembali hasil belajar siswa pada siklus II meningkat, sebanyak  26 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 97. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut; Penerapan model Problem Based Learning(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kelistrikan Bodi kelas XI TKRO 1 SMK Muhammadiyah Randublatung. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diketahui pada instrumen keterampilan sebesar 73,33% dan mengalami kenaikan pada siklus II instrumen keterampilan sebesar 86,67%. Jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 13,34%, maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan  hasil belajar siswa, karena pada akhir siklus telah mencapai sesuai target yang ditentukan yaitu 85%.

References

[1] Ardiyanto. (2016). Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Perindustrian Yogyakarta. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id-/eprint/44321
[2] Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[3] Diarini, I., Ginting, M., & Suryanto, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253–265. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya
[4] Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. (2018). Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Perdagangan Besar Dan Eceran; Reparasi Dan Perawatan Mobil Dan Sepeda Motor Golongan Pokok Perdagangan, Reparasi Dan Perawatan Mobil Dan Sepeda Motor Bidang otomtif Subbidang Kendaraan Ringan Roda 4 (Empat). Jakarta
[5] Mansur, A., Irdam, Harjuma, & Israkwaty. (2022). Perancangan Media Praktikum Sistem Kelistrikan Otomotif bagi SMK Budi Utomo Soroako Design of Automotive Electrical System Practicum Media for SMK Budi Utomo Soroako. Jurnal Panrita Abdi, 6(1), 191–200. https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/download/13301/7755
[6] M. Yani, Wisnu wardhana, udin S. (2018). Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. https://skkni.kemnaker.go.id/dokumen-unit
[7] Nadiya, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf. Jurnal Pendidikan Biologi, 1–9. https://etheses.uinsgd.ac.id/17795/
[8] Pranoto, Harlita, & Santosa, S. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa Kelas X SMA A Comparison betwen Problem Based Learning and Guided Discovery in Effecting Highschool Student ’ s Activity. Bioedukasi, 10, 18–22. https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/download/8604/pdf
[9] Pribowo, A. (2019). Penerapan Modul Pembelajaran Trainer Sistem Penerangan Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Raden Patah Mojokerto. JPTM. Volume 08 Nomor 02 Tahun 2019, 08 NO 02, 51–58.
[10] Restiono, A. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Aktivitas Berkarakter Dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Fisika. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17093
[11] Rispriyanto, I. (2015). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas Xi Jurusan. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Edisi XII, 09504244004. http://eprints.uny.ac.id/44321/1/ardiyanto 17.pdf
[12] Rodina, O. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memelihara Sistem Kelistrikan Bodi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining. http://lib.unnes.ac.id/31608/1/-5201410080.pdf.
[13] Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan danPemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
[14] Salim, A. H., Santosa, S., & Fatmawati, U. (2016). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Mipa 2 Sma Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Bio-Pedagogi, 4(2), 15–19. https://jurnal.uns.ac.id/bise/article/view/19918
[15] Syahputra, M. M. (2016). Peningkatan Hasil Dan Aktivitas Belajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Musda Perbaungan T.P. 2015/2016. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
[16] Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118
[17] Wardani, W. F. (2018). Skripsi Penerapan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Mi Islamiyah Sumberrejo Batanghari. 1–93. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3201/1/SKRIPSI WULAN FORTUNA13105975.pdf
Published
2023-12-16
How to Cite
HABIB, Dhefrizal Misbakhul; ABDILLAH, Fuad; HABIBURROHMAN, M.. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN KOMPONEN KELISTRIKAN BODI BERSTANDAR SKKNI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 68-79, dec. 2023. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2849>. Date accessed: 05 july 2025.