PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISTEM PENERANGAN DAN PANEL INSTRUMEN KENDARAAN RINGAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA TRAINER KELISTRIKAN PADA SISWA

  • Fina Yuliyanti Universitas Ivet
  • Toni Setiawan Universitass Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur IV/17 Semarang 50233, Indonesia
  • Fahmy Zuhda Bahtiar Universitass Ivet, Jl. Pawiyatan Luhur IV/17 Semarang 50233, Indonesia

Abstract

Ketuntasan hasil belajar praktik sistem penerangan dan panel isntrumen kendaraan ringan pada siswa kelas XI TKRO 1 SMK Syafi’i Akrom Pekalongan tahun 2022/2023 semester genap dengan KKM 75 masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengkaji peningkatan hasil belajar praktik siswa kelas XI TKRO 1 SMK Syafi’i Akrom Pekalongan pada kompetensi Sistem Penerangan dan Panel Instrumen Kendaraan Ringan dengan model pembelajaran discovery learning berbantu media trainer kelistrikan; 2). peningkatan kinerja guru dalam menerapkan Model pembelajaran discovery learning dengan media trainer kelistrikan pada siswa kelas XI TKRO 1 SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. Penelitian ini menggunakan  metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, obesrvasi dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO 1 SMK Syafi’i Akrom Pekalongan yang berjumlah 36 siswa.  Penerapkan model Discovery Learning pada kompentensi sistem penerangan dan panel isntrumen kendaraan ringan, pada siswa kelas XI TKRO 1 SMK Syafi’i Akrom Pekalongan hasil menunjukkan  pada Pra siklus  yaitu sebesar 17% siswa tuntas dan 83% belum tuntas, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 64% tuntas dan 36% belum tuntas, pada siklus II dengan menggunakan model discovery learning mampu meingkatkan hasil belajar praktik  mengalami peningkatan menjadi 89% tuntas dan 11% belum tuntas. Dengan indikator keberhasilan 75%, maka dikatakan berhasil. Pelaksanaan pembelajaran model Discovery Learning pada siswa kelas XI TKRO SMK Syafi’i Akrom Pekalongan efektif meningkatkan ketrampilan siswa dengan melihat hasil keterampilan praktik yaitu sebesar 89%.

References

[1] Arikunto,S., Suhardjono, Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[2] Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
[3] Anonim, 1995.Toyota New Step 1.PT. Toyota Astra Motor. Jakarta.
[4] Anitah, S. (2011). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
[5] Baharuddin & Esa N.W. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
[6] Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[7] Kusumah, W. & Dedi. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
[8] Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).
[9] Mulyasa, 2009.Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakaraya. Bandung. Rosda karya. Bandung.
[10] Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh. Yogyakarta: Penerbit Ombak
[11] Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
[12] Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.
[13] PT. Toyota Astra Motor. 1995. New Step 1 Training Manual. Jakarta: PT.Toyota Astra Motor.
Published
2024-01-07
How to Cite
YULIYANTI, Fina; SETIAWAN, Toni; BAHTIAR, Fahmy Zuhda. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISTEM PENERANGAN DAN PANEL INSTRUMEN KENDARAAN RINGAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA TRAINER KELISTRIKAN PADA SISWA. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 262-267, jan. 2024. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2831>. Date accessed: 05 july 2025.