The PENINGKATAN KETUNTASAN KOMPETENSI KETUNTASAN KOMPETENSI KELISTRIKAN BODI BERBASIS SKKNI MELALUI METODE DTL

  • Theodorus Nico Wahyu Prasetyo Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia
  • Fuad Abdillah Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia
  • Bayu Ariwibowo Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia

Abstract

Pada proses pembelajaran sistem kelistrikan bodi Teknik Kendaraan Ringan/Otomotif, para siswa diharapkan dan dituntut untuk dapat memenuhi beberapa kompetensi yang telah ditetapkan dan mengacu pada SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia). Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan ketuntasan kompetensi sistem kelistrikan bodi melalui penerapan metode pembelajaran DTL berbasis SKKNI menggunakan media stand kelistrikan bodi, (2) Mendeskripsikan proses penerapan metode pembelajaran DTL berbasis SKKNI menggunakan media stand kelistrikan bodi dalam meningkatkan kompetensi sistem kelistrikan bodi. Penelitian ini merupakan PTK yang dilaksanakan di SMK Leonardo Klaten. Setiap siklus dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara pra siklus, siklus I, dan siklus II dengan memperhatikan peningkatan kompetensi/ketuntasan pada kedua siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan kompetensi siswa dari pra siklus sebesar 39% atau 13 siswa, kemudian pertemuan I siklus I sebesar 58% atau 19 siswa, lalu pertemuan II siklus I sebesar 67%, dan pada pertemuan I siklus II sebesar 94% atau 31 siswa serta hasil ini sudah mencapai target yang telah ditentukan yaitu 80% pada siklus II. Sedangkan untuk proses penerapan DTL pada kegiatan inti pada pelaksanaan adalah penyampaian garis besar, unjuk kerja/demonstrasi, dan uji coba siswa.

References

[1] Abdillah, Fuad. (2020). Rekognisi Pembelajaran Lampau pada Pendidikan Guru Kejuruan. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
[2] Ariwibowo, Bayu. (2020). Soft Skills Analysis of Educational Student in Vocational Study Program of Mechanical Engineering Ivet University. Journal of Vocational Career Education 5 (1) : 14-20.
[3] Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. 2018. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia no 97 tahun 2018 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Perdagangan Besar dan Eceram, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor Golongan Pokok Perdagangan, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor Bidang Otomotif Subbidang Kendaraan Rungan Roda 4(Empat).
[4] Pribowo, Adi dan I Made Muliatna. 2019. Penerapan Modul Pembelajaran Trainer Sistem Penerangan sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Raden Patah Mojokerto. JPTM. Volume 08 Nomor 02:51-58
[5] PT. Toyota Astra Motor. 2011. CD Manual Toyota Avanza Model F651,F562. Technical Service Devision – Training Department Publication & Material Control Section PT Toyota Astra Motor.
[6] PT. Toyota Astra Motor. 1995. New Step 1. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor Service Devision
Published
2023-12-17
How to Cite
PRASETYO, Theodorus Nico Wahyu; ABDILLAH, Fuad; ARIWIBOWO, Bayu. The PENINGKATAN KETUNTASAN KOMPETENSI KETUNTASAN KOMPETENSI KELISTRIKAN BODI BERBASIS SKKNI MELALUI METODE DTL. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 222-228, dec. 2023. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2799>. Date accessed: 05 july 2025.