STUDI EKSPERIMEN PENGARUH PEGAS DRIVEN FACE DAN WEIGHT SET CLUTCH CVT TERHADAP PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK PADA SEPEDA MOTOR MATIC HONDA VARIO 125 CC

  • Abdul Rosid Universitas Ivet
  • Joko Suwignyo
  • Fahmy Zuhda Bahtiar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Studi eksperimen pengaruh pegas driven face dan weight set clutch terhadap torsi dan daya serta konsumsi bahan bakar spesifik pada sepeda motor matic Honda Vario 125cc. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan statistik deskriptif. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sepeda motor Vario 125cc pegas driven face dan weight set clutch standar, Daytona, dan TDR. Tempat penelitian dilakukan di Bengkel Otomotif PVTMO Ivet Semarang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan melakukan eksperimen melalui pengujian terhadap obyek yang akan diteliti dan mencatat data-data yang diperlukan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Data-data yang dihasilkan yaitu meliputi besarnya daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan penurunan performa dan konsumsi bahan bakar dengan penggunaan pegas driven face dan weight set clutch Daytona dan TDR pada sepeda motor Vario 125cc. Konsumsi bahan bakar spesifik rata-rata terendah dicapai pegas driven face dan weight set clutch standar. Saran kepada pengguna sepeda motor Vario 125cc hendaknya menggunakan pegas driven face dan weight set clutch dapat menggabungkan pengujian dengan komponen lain, seperti roller untuk mendapatkan hasil yang optimal. Berdasarkan penghitungan antara produk standar dengan Daytona dan TDR rata-rata mengalami penurunan sebesar 8% pada setiap rpm pada torsi dan daya, sedangkan untuk konsumsi bahan bakar penghitungan antara produk standar dengan Daytona mengalami penurunan 35% pada setiap rpm, sedangkan produk standar dengan TDR mengalami penurunan 14% pada setiap rpm.

References

[1] https://www.gridoto.com/penulis/7993/naufal-shafly, “Dikuasai Matic, Penjualan Motor Bebek dan Sport di 2021 Tinggal 300 Ribuan Unit,” Gridoto.com, 2022. https://www.gridoto.com/read/223091541/dikuasai-matic-penjualan-motor-bebek-dan-sport-di-2021-tinggal-300-ribuan-unit
[2] astra-honda.com, “Selain Jajal New Vario125 , Karya Narsis Komunitas Berhadiah Jutaan Rupiah,” 2022.
[3] E. Khaeriyah, A. Saripudin, and R. Kartiyawati, “Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini,” AWLADY J. Pendidik. Anak, vol. 4, no. 2, p. 102, 2018, doi: 10.24235/awlady.v4i2.3155.
[4] D. M. Hardiyato, “Studi eksperimen pengaruh CDI standar dan CDI limit adjustable handmade terhadap performa mesin sepeda motor RX King 135 CC,” Ivet Semarang, 2022.
[5] https://ometlit.com/desain-penelitian-eksperimen/, M. Dhee, “Desain Penelitian Eksperimen: Jenis dan Bentuk Desainnya,” omelit.com, 2020.
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 10th ed. 2011.
[7] M. H. Umbung, W. M. Ndoen, and P. Y. Amtiran, “Pengaruh Kebijakan Dividen Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan,” J. Akunt., vol. 10, no. 2, pp. 211–225, 2021, doi: 10.37932/ja.v10i2.387.
[8] A. N. Faizin, S. Mahendra, and T. Setiawan, “Pengaruh Penggunaan Fuel Adjuster Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor 4 Tak 110 Cc,” Oktober, vol. 3, no. 2, p. 140, 2021.
[9] R, R. Kum, ar K. Sa, and H. Singh, “Pling Co Nsmissio on ( Cvt ) Dan Ho Rio,” Tugas Akhir, 2013.
Published
2023-12-11
How to Cite
ROSID, Abdul; SUWIGNYO, Joko; BAHTIAR, Fahmy Zuhda. STUDI EKSPERIMEN PENGARUH PEGAS DRIVEN FACE DAN WEIGHT SET CLUTCH CVT TERHADAP PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK PADA SEPEDA MOTOR MATIC HONDA VARIO 125 CC. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 9-17, dec. 2023. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2780>. Date accessed: 05 july 2025.