PELAKSANAAN PROGRAM TEACHING FACTORY PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH BLIGO KABUPATEN PEKALONGAN

  • Dani Apriliyanto Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia
  • Sena Mahendra Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia
  • Fahmy Fatra Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuaantitatif dengan diperkuat data kualitatif Dalam bagian ini akan memaparkan hasil penelitian tentang penyelenggaraan kegiatan teaching factory pada program keahlian teknik dan bisnis sepeda motor SMK Muhammadiyah Bligo yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen program Taeching Factory dan mengkaji penerapan program teaching factory di jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Bligo dengan responden yang terdiri dari 5 orang pengelola teaching factory, 15 siswa dan 10 pelanggan bengkel teaching factory. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada penyelenggaraan teaching factory menunjukkan bahwa Hasil penelitian pada penyelenggaraan teaching factory menunjukkan bahwa : (1) Aspek perencanaan termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan kuesioner dengan rata-rata skor sebesar 29,2 dari skor maksimal 37 menurut pengelola, 8,733 dari skor maksimal 12 menurut siswa dan rata-rata 5,4 dari skor maksimal 7 menurut pelanggan. (2) Aspek pelaksanaan termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan kuesioner dengan rata-rata skor sebesar 11,2 dari skor maksimal 12 menurut pengelola, 9,4 dari skor maksimal 10 menurut siswa dan 9,5 dari skor maksimal 10 menurut pelanggan. (3) Aspek pengawasan termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan kuesioner dengan rata-rata skor sebesar 5 dari skor maksimal 5 menurut pengelola dan rata-rata 1,933 dari skor maksimal 2 menurut siswa. (4) Aspek hasil pengawasan termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan kuesioner dengan rata-rata skor sebesar 14 dari skor maksimal 16 menurut pengelola, 2,733 dari skor maksimal 3 menurut kuesioner siswa dan 5,9 dari skor maksimal 6 menurut pelanggan.

References

[1] Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta
[2] Depdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
[3] Depdikbud. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
[4] Depdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
[5] Kemendikbud. (2013). Program Kegiatan Produksi dan Jasa Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
[6] Kemendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.
[7] Kemendiknas. (2010). Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
[8] Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta
[9] Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta
[10] Damarjati, T. (2016). Teaching Factory. Diambil Tanggal 7 November 2016 Dari http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1870/teaching-factory
[11] Kusuma, H. (15 Mei 2017). Pengangguran di RI Didominasi Lulusan SMK. Diambil Pada Tanggal 15 Mei 2017 Dari https://finance.detik.com/berita- ekonomi-bisnis/3493153/pengangguran-di-ri-didominasi-lulusan-smk
Published
2023-12-16
How to Cite
APRILIYANTO, Dani; MAHENDRA, Sena; FATRA, Fahmy. PELAKSANAAN PROGRAM TEACHING FACTORY PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH BLIGO KABUPATEN PEKALONGAN. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 58-67, dec. 2023. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2776>. Date accessed: 05 july 2025.