PENGARUH VARIASI ROLLER PRIMARY SHIFT CONTINOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) PADA PERFORMA MESIN YAMAHA NMAX 155 CC
Abstract
Tujuan penelitian: (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh variasi berat roller CVT dan kerok jalur primary shitf CVT terhadap daya pada sepeda motor Yamaha NMAX 155 cc; (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh variasi berat roller CVT dan kerok jalur primary shitf CVTterhadap torsi pada sepeda motor Yamaha NMAX 155 cc. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi experimental designs. Lokasi penelitian di Bengkel Setiar Jaya Factory Kartasura pada bulan Februari 2023 sampai April 2023. Subjek penelitian yaitu Yamaha Nmax 155 cc. Sampel penelitian yaitu roller standar 13 Gram, variasi berat roller 10 Gram dan 12 Gram serta kerok jalur roller primary shift CVT. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dekriptif dengan tabulasi data.Berdasarkan hasil pengujian torsi didapatkan torsi maksimum pada roller standart (13 Gram) sebesar 14.05 N.m pada putaran mesin 4500 Rpm. Sedangkan pada variasi berat roller yang lebih ringan (10 dan 12 Gram) ditambah kerok jalur primary shift CVT pada motor Yamaha NMAX 155 cc tahun 2018 hanya sebesar 9.98 N.m pada putaran mesin 4500 Rpm. Hasil pengujian daya pada roller standart (13 Gram) didapat daya maksimum sebesar 7.69 Kw pada putaran mesin 7000 rpm. Sedangkan variasi berat roller yang lebih ringan (10 dan 12 Gram) ditambah kerok jalur primary shift CVT daya maksimum didapat 6.12 Kw pada putaran mesin 9000 rpm. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan variasi berat roller dan kerok jalur roller primary CVT tidak berpengaruh signifikan terhadap torsi dan daya mesin.
References
[2] Akbar, A. F., Maksum, H., & Fernandez, D. (2015). Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller Cvt Terhadap Kecepatan Pada Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty. Automotive Engineering Education Journals, 4(2).
[3] Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta?: PT. Rineka Cipta.
[4] Azhari, A., Muchammad Chusnul, Rizal, & Nur Bagus Muhamad. (2019). Pengaruh Kerok Jalur Roller Primary Shift CVT Terhadap Daya Mesin Sepeda Motor Matic 125cc. Isu Teknologi Stt Mandala Vol.14 No.1 Juli 2019 p-ISSN 1979-4819 e-ISSN 2599-1930.
[5] Buntarto, H. (2015). Panduan praktis Keselamatan & Kesehatan Kerja untuk industri. Yogyakarta: PustakaBarupress.
[6] Faiz, F. (2022). Ganti Roller Bikin Akselerasi atau Top Speed Motor Matic Berubah. Tersedia: Https://www.autofun.co.id/berita-motor/ganti-roller-bikin-akselerasi-atau-top-speed-motor-matic-berubah-ini-faktanya-49099.
[7] Farobi & Wailandow, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Jenis Pemberat (Roller) Terhadap Performa Mesin Yamaha Mio Soul Tahun 2010. Jurnal Teknik Mesin, 2(02).
[8] Ilmy, I., & Sutantra, I. N. (2018). Pengaruh Variasi Konstanta Pegas dan Massa Roller CVT Terhadap Performa Honda Vario 150 cc. Jurnal Teknik ITS, 7(1), E1–E6.
[9] Isal, I. (2021). Tips Servis CVT Motor Matic. Tersedia: Https://www.gridoto.com/read/223577069/tips-servis-CVT-motor-matic-segini-biaya-kerok-jalur-roller-di-pulley. Diakses pada 2 Februari 2023.
[10] Kristanto, P. (2015). MOTOR BAKAR TORAK-Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. Penerbit: CV. Andi Offset.
[11] Statistik, B. P. (2018). Perkembangan jumlah kendaraan bermotor menurut jenis. Badan Pusat.
[12] Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[13] Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.
[14] Z Furqon, S. T., & Pramono, J. (2021). Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan SMK/MAK Kelas XI: Program Keahlian Teknik Otomotif. Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (Edisi Revisi). Penerbit Andi.