PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN BLENDED LEARNING PADA PRESTASI BELAJAR PADA PENGUNAAN ALAT SPECIAL SERVICE TOOLS

  • Muchammad Miftahuddin Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia
  • Nuraedhi Aprianto Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia
  • Toni Setiawan Program Studi Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet, Jalan Pawiyatan Luhur IV, Nomor 17, Kota Semarang, Indonesia

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan di penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post fakto. peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dan Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh pengunaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan Blended Learning terhadap prestasi belajar pengunaan alat Special Service Tools (SST) siswa kelas XI TBSM SMK Palapa Semarang. Hasil penelitian ini adalah Hasil uji hipotesis secara determinasi menyebutkan bahwa variabel Prestasi Belajar siswa dipengaruhi oleh variabel Pembelajaran Jarak Jauh dan Blended Lerning, karena diketahui nilai Adjusted R square Pembelajaran Jarak Jauh (X1) dan Blended Lerning (X2) sebesar 0,528 atau 52,8% nilai ini menunjukan bahwa variasi Prestasi Belajar siswa dapat dijelaskan/dipengaruhi oleh variabel Pembelajaran Jarak Jauh dan variabel Blended Lerning sebesar 52,8% sedangkan sisanya 47,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar model pengujian data.

References

[1] Aji Sofanudin. (2009). Metodologi Penelitian Ilmu tarbiah. Semarang: Lakmus Indonesia.
[2] Hasbullah, (2012) Dasar – Dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[3] Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran Blended learning. Malang: Prestasi pustaka 2014.
[4] Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogjakarta. BPFE.
[5] Ismet Basuki, (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Lerning Didukung E-Lerning (Edmodo, Schoology) Dan Motifasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pengunaan Hand Tools Pada Siswa Di SMK PGRI 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Volume 07 Nomor 02 Tahun 2018, 193-200
[6] Kurniawan, Puspitaningtyas. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandifa Buku.
[7] Muhamad siri dangga, Andi abd Muis. (2020). Teori Belajar Inovatif pare pare: Si Buku makasar.
[8] Mulyana, Musfah, dkk. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid – 19. Jakarta: Litbangkit Press.
[9] Nana Sudjana. (2001). Tekologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Bandung.
[10] Nasution, Jalinus, Syahrul. (2019). Buku model Blended Learning. Pekanbaru - Riau: Unilak Press.
[11] FATIMAH, Siti; KASIDI, Kasidi; SATYARINI, Marhaeni Dwi. (2022). Pengaruh Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee
Published
2023-12-16
How to Cite
MIFTAHUDDIN, Muchammad; APRIANTO, Nuraedhi; SETIAWAN, Toni. PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN BLENDED LEARNING PADA PRESTASI BELAJAR PADA PENGUNAAN ALAT SPECIAL SERVICE TOOLS. Prosiding Seminar Nasional & Internasional EDUSTEM, [S.l.], p. 127-135, dec. 2023. ISSN 3032-3010. Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/EDUSTEM/article/view/2761>. Date accessed: 05 july 2025.