Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa SMP Negeri 2 Belitang
Abstract
Internaliasasi pancasila merupakan suatu proses penanaman ideologi kepada bangsa indonesia khususnya generasi muda untuk membentuk kepribadian, cara berfikir, tenggang rasa, berfikir lebih maju dan kritis, memiliki jiwa yang agamis dan nasionalis, menjujung tinggi persatuan dan kesatuan, saling perduli antara sesama, serta membentuk jiwa yang berkarakterkan pancasila. Sebagai falsafah bangsa indonesia, pancasila hendaknya dijaga dan diaktualisasikan dengan mempelajarinya, mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, serta mengajarkan dan membimbing orang lain untuk sama- sama mengalamalkan nilai-nilai pancasila. Diharapkan dengan adanya aktualisasi nilai-nilai pancasila dapat membentuk karakter bangsa indonesia khusunya pada generasi muda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan tergolong dalam jenis data kualitatif. Menurut sumbernya, data penelitian digolongkan sebagai data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah, proses internalisasi nilai-nilai pancasila di SMP Negeri 2 Belitang dilakukan dengan berbagai cara mulai dari proses diskusi yang dilakukan guru kepada siswa, sesi tanya jawab, metode debat, serta memberikan contoh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari, dan antar sesama guru mencohtohkan sikap dan perilaku kepada siswa. Selain itu juga, sekolah mengupayakan pananaman nilai-nilai pancasila dengan pemasangan poster, motto, dan gambar pada setiap ruang di kelas. Adapun kendala yang dihapadi yaitu: adanya sifat malas dari peserta didik, berkurangnya semangat belajar, serta adanya pengaruh teknologi dan pergaulan. Oleh karena itu upaya yang dilakukan oleh guru dengan berbagi pengalaman tentang kegiatan yang sudah dilakukan setiap harinya, guru memberikan contoh yang baik kepada siswa, serta dengan adanya kerja sama antara selurug warga sekolah.Downloads
Download data is not yet available.
References
Afryand, Anzhar Ishal & Sapriya. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pusat Studi Pancasila Sebagai Upaya Penguatan Ideologi Bangsa Bagi Generasi Muda. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.
Irawan, Bambang, Irawan Suntoro, & Yunisca Nurmalisa. (2014). Analisis Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Pkn Di Kelas VIII. Universitas Lampung: Lampung.
Khofiyati. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMP Sekecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Khosiah, Nur. (2002). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambal Falah Tongas-Probolinggo. STAI Muhammadiyah: Probolinggo.
Maftuh, Bunyamin. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.
Marlina, Erni. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dan Rasa Cinta Tanah Air Pada Remaja Di Perbatasan Indonesia – Malaysia (Pulau Sebatik, Kabupate Nunukan, Kalimantan Utara). Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman: Samarinda.
Meindrawati, Eni, Heru Ismaya, & Novi Mayasari. (2018). Implementasi Pengamalan Nilai- Nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Pada Siswa SMP. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI: Bojonegoro.
Nurizka, Rian Dan Abdul Rahim. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Universitas PGRI: Yogyakarta
Pasaribu, Pramella Yunidar & Bobby Briando. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menyusun Kode Etik Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Politeknik Imigrasi: Depok.
Rohmah, Miftakhur. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Ekonomi. STKIP Nurul Huda: OKU Timur.
Sani, Sifak Qiblatin. (2018). Analisis Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Budaya Sekolah Di SD Muhammadiyah 6 Malang. Program Study Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang: Malang.
Muhammad, Khairi. (2017). Implementasi Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Madrasah (Studi Pada Mtsn Se-Kabupaten Tapin). UIN Antasari: Banjarmasin.
Humaida, Ninik. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Program Pengembangan Diri Di Ma Sunan Gunung Jati Gurah. Undergraduate (S1) Thesis, IAIN Kediri.
Yanto, Dwi. (2016). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Dalam Kehidupan Sehari-Hari. STAI Buntok: Kalimantan Tengah.
Yulia, Leni & Dinie Anggraeni Dewi. (2021). Pengamalan Butir Pancasila: Perwujudan Implementasi Pancasila Sebagai Etika Dalam Hidup Bermasyarakat. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.
Irawan, Bambang, Irawan Suntoro, & Yunisca Nurmalisa. (2014). Analisis Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Pkn Di Kelas VIII. Universitas Lampung: Lampung.
Khofiyati. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMP Sekecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Khosiah, Nur. (2002). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambal Falah Tongas-Probolinggo. STAI Muhammadiyah: Probolinggo.
Maftuh, Bunyamin. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.
Marlina, Erni. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dan Rasa Cinta Tanah Air Pada Remaja Di Perbatasan Indonesia – Malaysia (Pulau Sebatik, Kabupate Nunukan, Kalimantan Utara). Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman: Samarinda.
Meindrawati, Eni, Heru Ismaya, & Novi Mayasari. (2018). Implementasi Pengamalan Nilai- Nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Pada Siswa SMP. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI: Bojonegoro.
Nurizka, Rian Dan Abdul Rahim. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Universitas PGRI: Yogyakarta
Pasaribu, Pramella Yunidar & Bobby Briando. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menyusun Kode Etik Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Politeknik Imigrasi: Depok.
Rohmah, Miftakhur. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Ekonomi. STKIP Nurul Huda: OKU Timur.
Sani, Sifak Qiblatin. (2018). Analisis Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Budaya Sekolah Di SD Muhammadiyah 6 Malang. Program Study Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang: Malang.
Muhammad, Khairi. (2017). Implementasi Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Madrasah (Studi Pada Mtsn Se-Kabupaten Tapin). UIN Antasari: Banjarmasin.
Humaida, Ninik. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Program Pengembangan Diri Di Ma Sunan Gunung Jati Gurah. Undergraduate (S1) Thesis, IAIN Kediri.
Yanto, Dwi. (2016). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Dalam Kehidupan Sehari-Hari. STAI Buntok: Kalimantan Tengah.
Yulia, Leni & Dinie Anggraeni Dewi. (2021). Pengamalan Butir Pancasila: Perwujudan Implementasi Pancasila Sebagai Etika Dalam Hidup Bermasyarakat. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.
Published
2022-11-07
How to Cite
HADI, Agustinus Sutriyanto; MURYATI, Sri.
Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa SMP Negeri 2 Belitang.
Journal of Democratia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 43 - 54, nov. 2022.
ISSN 2721-4710.
Available at: <https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jade/article/view/2291>. Date accessed: 06 july 2025.
doi: https://doi.org/10.31331/jade.v1i1.2291.